Perancangan Buku Ajar Desain Motif Batik Berbasis Budaya Lokal Trenggalek Untuk Ekstrakurikuler Batik Tingkat SMP

  • Restu Hendriyani Magh'firoh Institut Informatika Indonesia
Keywords: Buku Ajar, Desain Motif Batik, Budaya Lokal, Trenggalek, Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang buku desain motif batik berbasis budaya lokal Trenggalek dalam bentuk buku ajar untuk Sekolah Menengah Pertama. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena kegiatan ekstrakurikuler batik kurang diminati oleh siswa karena banyak siswa yang menganggap pembuatan batik itu sulit. Rancangan gambar motif siswa juga kurang bervariatif, cenderung pada gambar tumbuhan, hewan dan geometris. Pengetahuan anak-anak tentang kesenian budaya lokal juga masih terbatas, sehingga perlu dikembangkan melalui menggambar motif batik dengan motif budaya lokal agar wawasan dan kreatifitas anak semakin berkembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development dan metode yang digunakan Four-D yang dimodifikasi menjadi Three-D. Subjek penelitian siswa peserta ekstrakurikuler batik SMPN 1 Trenggalek. Analisis data dengan skala pengukuran rating scale. Hasil penelitian menunjukkan dengan buku ajar desain motif batik berbasis budaya lokal Trenggalek, siswa berhasil memahami materi tentang batik dan budaya lokal Trenggalek serta mampu lebih kreatif dalam membuat desain motif batik.

References

Hamzuri. 1981. Batik Klasik. Jakarta: Djambatan

Koentjaraningrat. 1997. Kebudayaan Mentalitas. Jakarta : Gramedia.

Nanang, Herman, Saftiyaningsih. 2003. Batik Garut Kajian Bentuk dan Warna. Jurnal Wacana Seni Rupa Vol. 3 No.6 Agustus 2003, 1-22.

Poerwadarminta. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suharyadi, Anna, Hernani. 2013. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Asam dan Basa. Jurnal Riset dan Praktek Pendidikan Kimia. ISSN: 2301-721X. Vol 1 No. 1 Mei 2013, 60-68. Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA: UPI.

Sukerni, Putu. 2014. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas Iv Semester I Sd No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick And Carey. Issn: 2303-288x Vol. 3, No. 1, April 2014, 386-396. Singaraja, Indonesia.

Sumarwan. 2003. Pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan Tata Busana Sebagai Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMU Negeri 2 Pamekasan. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA.

Thiagarajan, S.S & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training YTeacher of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institude/ Special Education, University of Minnesota.

Wulandari, Ari. 2011. Batik Nusantara. Yogyakarta: ANDI.

Published
2019-09-20
Section
Articles