Perancangan Kampanye Sosial Tentang Penyu di Indonesia Melalui Teknik Hologram 3D Untuk Dewasa Awal Usia 18-40 Tahun

  • Youngky Kurniawan Wijaya Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Muhammad Nasrulloh Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Arjuna Bangsawan Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: Penyu, Animasi, Hologram, Konservasi

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman satwa tertinggi di dunia dengan tingkat kepunahan jenis satwa yang cukup tinggi. Penyu adalah salah satu jenis satwa yang saat ini berada di ambang batas kepunahan. Dalam perancangan kampanye sosial ini, dibuat video hologram 3D tentang penyu yang bertujuan untuk dapat memberikan informasi tentang penyu secara unik dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi piramida hologram. Konten yang terdapat pada video terbuat dari desain 3D sehingga dalam penerapannya sangat mendukung media piramida hologram tersebut. Perancangan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan informasi-informasi mengenai penyu yang terdapat di Indonesia agar khalayak dapat sadar akan pentingnya kehidupan penyu dan dapat ikut ambil bagian dalam upaya penyelamatan penyu dari ancaman kepunahan. Pada akhir perancangan didapatkan hasil bahwa dalam merancang piramida hologram terdapat beberapa pertimbangan-pertimbangan yang perlu dipikirkan secara matang dalam mewujudkannya. Pertimbangan-pertimbangan tersebut antara lain, kondisi cahaya ruangan, jenis dan ketebalan material yang digunakan, sudut kemiringan, piramida hologram, serta media pemancarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, Hafied. 2011. Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada

Hurlock, Elizabeth B, 1986. Developmental Psychology. 3rd Ed, New Delhi: McGraw Hill, Inc.

Kandarika, M. (2017). Mengetahui Lebih Dalam Mengenai Teknologi Hologram [Gambar dan Artikel]. Diakses dari http://www.archivioguerrapolitica.org/2017/10/24/mengetahui-lebih-dalam-mengenai-teknologi-hologram/ Pada tanggal 1 November 2017 pukul 12.19 WIB.

Megantara, M. W. (2009). Perancangan Interior Sea Turtle Center Dengan Konsep Adventural Journey. Diakses dari repository.maranatha.edu/629/Pada tanggal 16 November 2017 pukul 19.31 WIB

ProFauna. 2017. Tentang Penyu Indonesia. Diakses pada tanggal 18 November 2017 dari http://www.profauna.net/id/kampanye-penyu/tentang-penyu-indonesia.

Published
2019-09-20
Section
Articles