Perancangan Media Komunikasi dan Informasi Sekolah PPPK Petra Surabaya Dalam Bentuk Aplikasi Smartphone Berbasis Android

  • Christyan Budi Susilo Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Benny Rahmawan Noviadji Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Robi Wigeno Institut Informatika Indonesia Surabaya
Keywords: Aplikasi, Android, Informasi, Komunikasi

Abstract

Sekolah PPPK Petra merupakan salah satu lembaga pendidikan di Surabaya. Media informasi dan komunikasi cetak yang dibagikan kepada siswa, orang tua, serta guru dan karyawan selama ini sangat jarang dibaca, bahkan yang diedarkan kepada siswa di jenjang SMP dan SMA banyak ditemukan di tempat sampah dan juga dibuat sebagai mainan pesawat kertas. Hal tersebut menjadi tidak efisien, karena dana yang dikeluarkan untuk pencetakan tidak sedikit. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu prototyping. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara mendalam, kuesioner, observasi dan survei. Selain itu juga dilakukan studi komparator dan kompetitor terhadap aplikasi sejenis. Sedangkan dalam membantu analisis dan perancangan desain User Interface menggunakan kuesioner kriteria desain. Hasil dari penelitian pada Sekolah PPPK Petra dilakukan perancangan media komunikasi dan informasi dalam bentuk aplikasi smartphone berbasis Android. Penggunaan aplikasi mobile pada Android diharapkan mampu menjadi media komunikasi bagi sekolah dan dapat menyampaikan informasi secara cepat dan mudah kepada siswa dan orangtua. Selain pembuatan aplikasi, tentunya diperlukan media untuk mempromosikan aplikasi ini agar orang-orang dapat mengetahui keberadaan aplikasi ini. Media pendukung yang digunakan untuk melakukan promosi meliputi poster, spanduk, x-banner dan web banner pada website PPPK Petra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asropudin, Pipin. 2013. Kamus Teknologi Informasi. Bandung: Titian Ilmu.

Galitz, Wilbert O. 2017. The Essential Guide to User Interface Design. Canada: Wiley Publishing,Inc.

Safaat, Nazruddin h. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis android. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Siregar, Ivan Michael. 2011. Membongkar source code berbagai Aplikasi Android. Yogyakarta: Gava Media.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Published
2019-09-20
Section
Articles