Perancangan Kampanye Pentingnya Sarapan Sehat Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar di Surabaya

  • Vina Valencia Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia (IKADO)
  • Benny Rahmawan Noviadji Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia (IKADO)
Keywords: kampanye, kesehatan, animasi, film

Abstract

Anak-anak sering terlihat lemas, mengantuk, kurang konsentrasi, sakit perut dan bahkan maag pada pagi hari. Kesibukan orang tua di pagi hari seringkali melupakan sarapan untuk anak-anak mereka. Padahal, sarapan pagi sangat penting sebagai sumber energi saat beraktivitas di sekolah. Sosialiasi atau pemahaman kepada anak-anak mengenai pentingnya sarapan sehat sangat diperlukan. Salah satu solusinya adalah dengan mengadakan kampanye. Oleh karena itu, sebagai sarana edukasi dan informasi yang efektif mengenai pentingnya sarapan sehat, perlu dibuat kampanye sarapan sehat yang menarik, menyenangkan dan mendidik untuk anak-anak sekolah dasar, orang tua serta guru. Dengan menggunakan film animasi 2D sebagai media utama beserta media pendukungnya. Sehingga, mampu memberikan pengaruh yang baik bagi anak-anak sekolah dasar agar bisa beraktivitas dan belajar dengan baik. Selain itu juga sebagai wacana penyadaran kepada orang tua dan guru tentang pentingnya sarapan.

References

Antar, Venus. (2004). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media

Perdana, Fachruddin dan Hardinsyah. (2013). “Analisis Jenis, Jumlah, dan Mutu Gizi Konsumsi Sarapan Anak Indonesia”. Jurnal Gizi Dan Pangan. Vol. 8. No. 1. 2013. Hal 42-43.

Rumanti, M.A. (2005). Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktik, Edisi ketiga. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Suyatno. (2009). Penentuan Status Gizi. Semarang: FKM Undip.

Wardoyo, Hanum Aprilia dan Trias Mahmudiono. 2013. “Hubungan Makan Pagi dan Tingkat Konsumsi Zat Gizi dengan Daya Konsentrasi Siswa Sekolah Dasar”. Media Gizi Indonesia. Vol. 9. No.1. 2013. Hal 49-53.

Wong, Donna L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Edisi 6. Jakarta: EGC.
Published
2018-04-05
Section
Articles