Perancangan Board Game Edukatif Untuk Keluarga

  • Yolanda Chandra Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia (IKADO)
  • Benny Rahmawan Noviadji Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia (IKADO)
  • Arjuna Bangsawan Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia (IKADO)
Keywords: Desain interaktif, Keluarga, Edukasi, Nusantara

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, banyak terjadi perubahan budaya dan gaya hidup di masyarakat. Zaman modern saat ini, jarang sekali orang tua menghabiskan waktu bersama keluarga dan mulai tidak mengawasi permainan yang dimainkan oleh anak-anak mereka. Oleh sebab itu diperlukan media permainan untuk keluarga yang bertujuan mempererat hubungan antar keluarga. Board game menjadi salah satu alternatif permainan yang sangat digemari oleh anak-anak dan memberikan nilai-nilai edukasi di dalamnya. Perancangan Board Game Edukatif untuk Keluarga ini bertujuan agar anak-anak tidak bermain secara individual, mengenalkan kembali board game yang mulai dilupakan dan ditinggalkan oleh keluarga dan dapat memberantas tema-tema permainan yang mulai tidak mendidik. Metode pengumpulan data dibagi menjadi dua yaitu metode pengumpulan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap beberapa keluarga, para narasumber yang berkaitan dan kuesioner. Sedangkan metode pengumpulan data sekunder dengan melakukan observasi dengan beberapa keluarga, kepustakaan dan data yang terdapat di internet. Board Game yang memiliki tema nusantara ini dirancang menggunakan gaya visual kartun serta menampilkan keanekaragaman nusantara yang terdapat di Indonesia. Dengan adanya perancangan ini diharapkan board game menjadi salah satu media permainan yang layak dan dapat dimainkan bersama dengan keluarga.

References

Ismail, Andang. (2006). Education Games, Menjadi cerdas dan ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Kusantanti, D. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Mubarak, Abdul. (2013). Pahlawan Kemerdekaan (Permainan Board Game Ksatria Mahardhika). Undergraduate Theses Program Studi Desain Grafis.

Mulyadi, Seto. (2004). Bermain dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Krativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain). Jakarta: Papas Sinar Sinanti.
Published
2018-04-05
Section
Articles