Desain Souvenir Bergaya Lowpoly "BWS Coy" Untuk Mengenalkan Objek Wisata di Kab. Bondowoso Melalui Metode Design Thinking

  • Angga Hendrawan Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia (IKADO)
  • Benny Rahmawan Noviadji Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia (IKADO)
  • Youngky Kurniawan Wijaya Desain Komunikasi Visual, Institut Informatika Indonesia (IKADO)
Keywords: Souvenir, Lowpoly, Objek Wisata

Abstract

Bondowoso adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, kabupaten ini memiliki beragam destinasi wisata mulai dari sejarah hingga wisata alam. Perancangan ini bertujuan menghasilkan desain suvenir khas Kab. Bondowoso menggunakan gaya lowpoly, penggunaan gaya desain ini dimaksudkan untuk memberikan keunikan dan pembeda dari suvenir-suvenir yang sudah ada sebelumnya. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah design thinking yang diajukan oleh Gavin Ambrose dan Paull Harris. Perancangan ini menghasilkan nama merek BWS COY, logo, gambar illustrasi dan pantun untuk diterapkan pada beragam bentuk suvenir. Desain diimplementasikan pada beberapa contoh media, seperti: tote bag, tshirt dan mug. Perancangan ini perlu ditingkatkan pada tahap research dengan mengumpulkan data primer melalui teknik wawancara atau observasi, serta peningkatan pada tahap implement untuk mengetahui kelayakan produksi.

References

G. Harris, P. E. Harris. (2009). Basics Design 08: Design Thinking. Lausanne: AVA Publishing.

N. Komariyah, M.S. Akbar, Pengelompokan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Kemiskinan dengan Metode Cluster Analysis.

P. S. Handiman. (2007). Desain Karakter dan Properti Visual Game Majapahit. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Published
2018-04-05
Section
Articles