Motion Comic Dongeng Agama Buddha Untuk Anak Umur 4-6 Tahun

  • Monica Widiasri Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surabaya
  • Lisana Lisana Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surabaya
  • Suwendi Liantara Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surabaya
Keywords: Android, Cerita Dongeng Agama Buddha, Jataka, Motion Comic

Abstract

Cerita dongeng agama Buddha atau disebut jataka adalah cerita dongeng yang menceritakan kelahiran masa lalu Buddha, yang mengandung pesan moral dan pengertian tentang dhamma. Dongeng agama Buddha biasanya diajarkan untuk anak-anak di sekolah minggu Buddhis yang ada di vihara. Namun, penyampaian cerita dongeng agama Buddha masih kurang menarik minat anak-anak dalam memperhatikan cerita dongeng agama Buddha. Buku dongeng agama Buddha dalam bahasa Indonesia sulit didapatkan, kurang menarik, dan kurang mudah dimengerti oleh anak-anak. Oleh karena itu dibuatlah suatu aplikasi cerita dongeng agama Buddha yang menggunakan motion comic supaya meningkatkan minat anak-anak dalam membaca, mendengarkan, serta memahami dongeng agama Buddha. Motion comic yang dibuat memberikan tampilan secara visual 2D, terdapat unsur suara, dan dapat menceritakan dongeng secara lebih baik. Motion comic ini diujicobakan di sekolah minggu Buddhis, kemudian dilakukan wawancara dengan responden guru dan pembagian kuisoner kepada anak-anak usia 4-6 tahun. Hasil dari ujicoba menyatakan motion comic yang dibuat mendapatkan respon positif dari responden. Motion comic membuat anak-anak lebih mengerti dan tertarik membaca dongeng agama Buddha. Selain itu, pesan moral yang terdapat di cerita dongeng agama Buddha tersampaikan dengan baik.

References

Francis, T. & Thomas, E. (1916). Jataka Tales. Diakses dari: https://archive.org/stream/jatakatales00fran#page/n7/mode/2up/ pada tanggal 17 Juli 2017.

Hiroaki, T. (2010). Interactive System for Creating and Browsing Comic books with Attention Cuing. Comic Engine.

Hosler, J., & Boomer, K.B. (2010). Are Comic Books an Effective Way to Engage Nonmajors in Learning and Appreciating Science? CBE Life Sci Edu.

Azam. N.N. (2014). ANICOMIX: Animated Comic as an Assisting Pedagogical Tool. Diakses dari: http://www.academia.edu/11402500/Animated_Comic_as_an_Assisting_Teaching_Tool pada tanggal 10 April 2018

Smith, C. (2015). Motion Comics: The Emergence of a Hybrid Medium). Writing Visual Culture 7.

Burnstein, I. (2003). Practical Software Testing. Springer.

Published
2018-11-14
Section
Articles