Aplikasi Multimedia Untuk Media Pembelajaran Menggambar Grafik Fungsi Dengan Operasi Penskalaan, Pergeseran, dan Pencerminan

  • Susana Limanto Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surabaya
  • Hendra Dinata Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surabaya
Keywords: Grafik Fungsi, Multimedia Pembelajaran, Pencerminan, Penskalaan, Pergeseran

Abstract

Salah satu materi dari mata kuliah Matematika adalah menggambar grafik fungsi melalui operasi pergeseran, penskalaan, dan pencerminan. Materi ini disampaikan dalam waktu kurang lebih 100 menit tatap muka. Berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) soal menggambar grafik fungsi dari 10 kelas paralel mata kuliah Matematika semester Gasal 2016 – 2017 diketahui bahwa sekitar 79.6% mahasiswa mendapat nilai di bawah 55 (batas nilai C). Beberapa penyebab tingginya persentase mahasiswa yang mendapat nilai di bawah C adalah keterbatasan waktu penyampaian materi sehingga materi disampaikan secara satu arah, yaitu dari dosen ke mahasiswa dan kebanyakan mahasiswa kurang berlatih di luar jam kuliah karena setelah berlatih tidak tahu apakah yang dikerjakannya benar atau belum. Untuk mengatasi permasalahan yang ada dikembangkan sebuah aplikasi multimedia pembelajaran yang dilengkapi dengan simulasi proses menggambar grafik fungsi melalui operasi pergeseran, penskalaan, dan pencerminan secara langkah demi langkah. Metode yang digunakan dalam penelitian terapan ini adalah prototyping yang yang terdiri dari komunikasi dengan pengguna untuk mengetahui kebutuhan pengguna, membuat prototipe, mengevaluasi prototipe berdasarkan umpan balik dari pengguna, menyempurnakan prototipe, pembuatan aplikasi, dan ujicoba aplikasi. Ujicoba aplikasi dilakukan kepada 10 orang mahasiswa peserta mata kuliah Matematika di mana materi menggambar grafik fungsi ini disampaikan dengan cara meminta para responden mencoba aplikasi secara mandiri kemudian mengisi kuisioner umpan balik. Hasil ujicoba aplikasi menunjukkan bahwa minimal 70% responden setuju bahwa aplikasi membantu untuk lebih memahami materi dan berlatih secara mandiri. Fasilitas simulasi menggambar grafik fungsi yang disajikan langkah demi langkah membantu mengkoreksi pekerjaan responden sehingga menambah kepercayaan diri responden dalam mengerjakan soal-soal selanjutnya.

References

Liu, C.L.D. (1995). Dasar-Dasar Matematika Diskret. Edisi 2. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmadi. (2017). Identifikasi Kesalahan Berpikir Visual Mahasiswa dalam Menggambar Grafik Fungsi Real. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 2, Mei - Agustus 2017, Hal. 140-144.

Mulyono. (2010). Konstruksi Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Mahasiswa Bergaya Kognitif Field Independent. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Edisi 2 Tahun XV 2010, Hal. 57 - 63.

Darmadi. (2012). Membangun Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan dengan Visualisasi. Seminar Nasional UNY, Yogjakarta, 24 Maret 2012.

Chandra, T. (2017). Perancangan Perangkat Lunak Penggambaran Grafik berserta Penyelesaian Fungsi Persamaan Linear dan Kuadrat. Jurnal Times (Technology Informatics and Computer System), Vol. 6 No. 1, Juni 2017, Hal 26-30.

Saragih, S. dan Afriati, V. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Trigonometri Siswa SMK melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, No. 4 , Hal. 368-381.

Siregar, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Simulasi Geogebra Pada Pembelajaran Grafik Fungsi Kuadrat. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No. 01, Hal. 11-20.

Tamurih. (2016). Sudut-Sudut Berelasi Dengan Grafik Fungsi Sinus dan Cosinus. MATHLINE, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, Feb 2016, Hal. 53-62.

Guan, N., Song, J. dan Li, D. (2018). On The Advantages of Computer Multimedia-aided English Teaching. Procedia Computer Science, Vol. 131, Hal. 727-732

Pressman, R.S. dan Maxim, B.R. (2015) Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Edisi 8, United States of America: McGraw-Hill Education.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Susilana, R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Oka, G.P.A. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Adelia, T. dan Limanto, S. (2017). Pemanfaatan Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Fisika Elektromagetik. Teknika, Vol. 6, No. 1, Hal. 35-42, ISSN 2549-8037, EISSN 2549-8045.

Published
2018-11-14
Section
Articles