User Centered Design Dalam Evaluasi Game “Reinhart and the Great Gate”

  • Agnes Karina Prita Atmani Program Studi Animasi, Institut Seni Indonesia, DI Yogyakarta
  • Kathryn Widhiyanti Program Studi Animasi, Institut Seni Indonesia, DI Yogyakarta
  • Yulianto Prasetyawan Program Studi Animasi, Institut Seni Indonesia, DI Yogyakarta
Keywords: UCD, Playability, Game, Testing, Pengujian

Abstract

Sebuah produk pasti memerlukan pengujian untuk mencapai kualitas produk sehingga layak untuk dipasarkan. Game sebagai produk digital, sebelum dapat dipasarkan tentu harus diuji dahulu. Ada banyak metode pengujian game yang dapat dilakukan. Dalam penelitian ini, Game Reinhart and the Great Gate akan diuji menggunakan konsep User Centered Design (UCD) dengan pendekatan metode playability testing. Konsep UCD dipilih untuk mengetahui apakah kualitas dari game berfokus pada user. Playability testing dipilih sebagai bentuk pendekatannya karena aplikasi yang diuji merupakan game dan sangat erat kaitannya dengan kemudahan untuk dimainkan. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan 4 kelompok pertanyaan yang menggambarkan playability testing yaitu gameplay, usability, mobility, dan game story. Kuesioner disebarkan ke 25 responden dengan kriteria siswa SD kelas 5-6, siswa SMP, siswa SMA, dan karyawan. Hasil yang diperoleh dari responden diketahui bahwa Game Reinhart and the Great Gate memiliki kualitas rata-rata dalam kriteria gameplay 78%, usability 67%, mobility 70%, dan game story 43%. Melihat persentase yang diperoleh, Game Reinhart and the Great Gate memiliki kualitas yang belum baik, sehingga diperlukan perbaikan lagi dengan melihat pengalaman yang diberikan oleh user. Persentase rata-rata yang diperoleh tidak terlalu tinggi karena dalam proses perancangan dan pembuatannya Game Reinhart and the Great Gate tidak menerapkan metode UCD.

References

PowerExplorers. (2020). Pokemon: Tetap dapat Keuntungan Meski Salah Sasaran. Diakses dari: https://yonulis.com/2020/03/22/pokemon-tetap-dapat-keuntungan-meski-salah-sasaran/ pada tanggal 27 Januari 2020.

Sudaryanto. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moore, M.E. (2011), Basic of Game Design. USA: AK. Peters/CRC Press

Ernest, A. (2010). Fundamentals of Game Design 2nd Edition. CA: Pearson Education Inc.

Delima, R., Arianti, N.K. & Pramudyawardani, B. (2016). Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi untuk Anak Prasekolah menggunakan pendekatan Child Centered Design. Informatika, Vol. 12(1), pp. 13-23.

Putra, E., Sabaraiah, M.K. & Munajat, B. (2015). Evaluasi Playability pada Mobile Games Menggunakan Teknik Playability Heuristic. e-Proceeding of Engineering, Vol. 2(1), pp. 1381-1388.

Alfianto, A.P.I.H., Jonemaro, E.M.A. & Arwani, I. (2018). Evaluasi Gameplay Pada Game Dreadout Dan Outlast 2 Menggunakan Metode Heurustic For Evaluating Playability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2(10), pp. 4125-4133.

Kunto, S.A. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Published
2020-07-13
Section
Articles