Pemanfaatan Progressive Web Apps Pada Web Akuntansi

  • Grace Levina Dewi Program Studi Informatika, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya, Jawa Timur
  • Suhatati Tjandra Program Studi Informatika, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya, Jawa Timur
  • Ricardo Program Studi Informatika, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya, Jawa Timur
Keywords: Progressive Web App, Porto, SAP, Website, Quasar

Abstract

Software untuk mengelola data transaksi menjadi laporan keuangan sangat banyak dipakai di berbagai sektor bisnis. Software yang cepat, akurat, reliabilitas tinggi serta mudah diimplementasikan menjadi faktor pemilihan software. Oleh karena itu, dikembangkan software pengelola transaksi dengan menggunakan PWA (Progressive Web Apps). Alasan memanfaatkan PWA karena dapat memenuhi kebutuhan software yang dibutuhkan oleh pengguna. Secara garis besar, kelebihan PWA ini terletak pada bagian notifikasi, dapat diakses secara offline, memiliki performa yang bagus, sistem keamanan yang bagus (karena harus menggunakan HTTPS), dan dapat diterapkan pada web. Penerapan PWA ini juga sama seperti memakai aplikasi di smartphone. Uji coba dalam pengembangan ini dilakukan dengan dua metode, yaitu Performance Testing dan Functionality Testing. Hasil uji coba menyatakan bahwa web akuntansi dengan PWA mempunyai kecepatan yang hampir sama dengan native tetapi User Experience PWA lebih baik dibandingkan aplikasi native. Hasil dari Functionality Testing menunjukan Web App dapat berjalan dengan baik sesuai fungsi setiap fitur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Porter, D. (2001). Financial Accounting. Virginia: Tidewater Community College.

Adi, L. (2017). Platform E-Learning untuk Pembelajaran Pemrograman Web Menggunakan Konsep Progressive Web Apps. Surabaya: Jurnal Teknik ITS, Vol. 6(2), pp. A579-A583.

Tandel, S. (2018). Impact of Progressive Web Apps on Web App Development. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, Vol. 7(9), pp. 9439-9444.

Zalt, M. (2016). Porto SAP. Diakses dari https://github.com/Mahmoudz/Porto.

Christensen, J.H. (2009). Using RESTful web-services and cloud computing to create next generation mobile applications. Proceedings of the 24th ACM SIGPLAN Conference Companion on Object Oriented Programming Systems Languages and Applications, pp. 627-634.

Gore, A. (2017). Full-Stack Vue.js 2 and Laravel 5. Brimingham: Packt Publishing.

Stoenescu, R. (2015). Quasar Framework. Diakses dari http://quasar-framework.org/.

Midtrans. (2012). Midtrans. Diakses dari https://midtrans.com.

Google Developers. (2017). Lighthouse. Diakses dari https://developers.google.com/web/tools/lighthouse/.

Singh, T. (2014). Performance Testing of Any Website "Gtmetrix Tool". Diakses dari https://gtmetrix.com/

Published
2020-07-13
How to Cite
Dewi, G. L., Tjandra, S., & Ricardo. (2020). Pemanfaatan Progressive Web Apps Pada Web Akuntansi. Teknika, 9(1), 38-47. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i1.252
Section
Articles