Sistem Customer Relationship Management untuk Perusahaan Penjualan Alat Komputer Menggunakan Analisis Fishbone

  • Nur Fajriati Yuniar Program Studi Sistem Informasi, Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat, DKI Jakarta
  • Inge Handriani Program Studi Sistem Informasi, Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat, DKI Jakarta
Keywords: Customer Relationship Management, Pelayanan, Fishbone, Prototype

Abstract

Pelayanan kepada pelanggan merupakan salah satu faktor yang mendasari pelanggan dalam membeli produk. Pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat menjadi penentu dalam kegiatan bisnis. Pada beberapa perusahaan masih memiliki masalah berkaitan dengan pelayanan kepada pelanggan, dimana pengolahan data yang belum terintegrasi dan tidak adanya sistem yang membantu pelanggan untuk berkomunikasi dengan pihak perusahaan. Sehingga menyulitkan pelanggan ketika ingin mengetahui progress pesanannya, maupun saat akan mengajukan layanan purna jual. Hal ini dapat menurunkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan yang dapat mengakibatkan berpindahnya pelanggan pada pesaing. Solusi yang diberikan dalam hal ini adalah perlunya sebuah konsep sistem Customer Relationship Management, yang akan menyediakan pelayanan terhadap kebutuhan pelanggan. Tujuannya adalah untuk menjaga hubungan perusahaan dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan. Analisis sistem yang digunakan dalam menemukan kebutuhan sistem berkaitan dengan pelayanan terhadap pelanggan adalah dengan menggunakan metode analisis Fishbone. Konsep sistem ini menghasilkan informasi pelayanan atas order penjualan, purna jual, pembaharuan data produk, dan informasi piutang pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jumaryadi, Y. (2019). Customer Complaint Information Systems at National Standardization. International Journal Information System and Computer Science (IJISCS), Vol. 3(2), pp. 43–49.

Fauzi, A. & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM Dengan Metode RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), Vol. 1(1), 76. DOI: 10.29207/Resti.V1i1.16

Mang’unyi, E.E. Khabala, O. T., & Govender, K. K. (2017). The Relationship Between E-CRM And Customer Loyalty: A Kenyan Commercial Bank Case Study. Banks and Bank Systems, Vol. 12(2), pp. 106–115. DOI: 10.21511/Bbs.12(2).2017.11

Rahayu, F. & Irawan, H. (2019). Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Guna Membantu Meningkatkan Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus: Lembaga Pendidikan Kumon. Idealis, Vol. 2(4), pp. 205–212.

Dewi, N. & Warmika, I. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 6(10), pp. 5580–5606.

Zakaria, H. & Marlia, A. E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web Dengan Model Waterfall. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, Vol. 2(2), 66–72. DOI: 10.32493/Jtsi.V2i2.2804

Stojiljković, A. (2019). The Impact of Social Media Marketing on Customer Relationship Development. Journal of Process Management. New Technologies, Vol. 7(4), pp. 41–48. DOI: 10.5937/Jouproman7-22586

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, Vol. 9(1), pp. 140–157.

Somya, R. & Utama, S.C. (2019). Perancangan Customer Relationship Management Berbasis Web Dengan Library Jquery Responsive Datatables. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 8(3), 529–542.

Widiana, W., Buana, P.W. & Bayupati, I.P.A. (2020). Pemodelan Dan Implementasi Proses Bisnis Berbasis E-CRM Menggunakan Aplikasi Vtiger CRM. Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi, Vol 4(3), pp. 418–428.

Fransisca, Imelda, & Dafid. (2017). Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Pada PT. XYZ Palembang. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), Vol 8(1), pp. 1–7.

Anisa, N., Yuliazmi & Gata, G. (2020). Penerapan E-CRM Pada Usaha Salon Dalam Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Terhadap Pelanggan. Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi, 4(2), pp. 268–275.

Utomo, Y.B., Winarno, W.W. & Amborowati, A. (2016). Perancangan Customer Relationship Management Pada Klinik (Studi Kasus: Klinik Pratama Nusa Medika Meritjan). Multitek Indonesia, Vol. 10(1), 57. DOI: 10.24269/Mtkind.V10i1.239

Parulian, D. (2017). Pengembangan Sistem Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Metode IT Balanced Scorecard. Faktor Exacta, Vol. 10(3), pp. 278–287.

Noorhansyah, M. & Pratomo, A. (2016). Penerapan Model Customer Relationship Management pada Metodologi FAST (Studi Kasus: Pengembangan Portal Akademik Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin). Jurnal POSITIF, Vol. I(2), pp. 25–32.

Published
2020-11-04
How to Cite
Yuniar, N. F., & Handriani, I. (2020). Sistem Customer Relationship Management untuk Perusahaan Penjualan Alat Komputer Menggunakan Analisis Fishbone. Teknika, 9(2), 129-137. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.292
Section
Articles