Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Untuk Pemula Dengan Metode User Centered Design Berbasis Android

  • Michael Agustav Program Studi Teknik Informatika, Institut Informatika Indonesia
  • Kathryn Widhiyanti Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia
  • Edwin Meinardi Trianto Program Studi Teknik Informatika, Institut Informatika Indonesia

Abstract

Seiring perkembangan zaman dimana perdagangan bebas Asia Pasifik mulai sering terjadi, maka penduduk Indonesia perlu mempelajari bahasa lain selain bahasa Indonesia. Bahasa Jepang perlu dipelajari karena mulai banyak investor asing dari negara Jepang di Indonesia. Oleh sebab itu dibuat aplikasi sederhana untuk membantu proses pembelajaran bahasa Jepang untuk pemula menggunakan metode User Centered Design. Dalam metode User Centered Design pada pembuatan aplikasi pembelajaran aplikasi pembelajaran bahasa Jepang untuk pemula ini dilakukan dengan membuat prototype pertama berupa hand-sketches prototype, kemudian dibuat prototype kedua berupa realisasi dari hasil handsketches, dan yang terakhir dibuat prototype ketiga berupa dynamic design prototype. Dari ketiga jenis prototype juga dilengkapi dengan evaluasi terhadap pengguna dan dilakukan perbaikan. Kemudian untuk pengujian telah dilakukan dua kali pengujian menggunakan metode dari usability testing yaitu completing a transaction dan evaluating the impact of subtle changes. Hasil dari kedua pengujian itu telah dianalisa dan dihitung, berdasarkan hasil analisa tersebut disimpulkan bahwa pada pengujian completing a transaction mendapatkan hasil 92,3% menunjukkan bahwa pengguna telah memahami fitur dan fungsi dari tombol yang telah disediakan pada aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang telah dibuat dan pada hasil pengujian evaluating the impact of subtle changes mendapatkan hasil 100% hasil tersebut menunjukkan bahwa pengguna telah dapat mempelajari bahasa Jepang dengan menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang dibuat.

References

[1] Proboyekti, U. (2008). User Interface Design.

[2] Meiler, R. (2009). Profesional Android Application Development, Canada: Wiley Publishing.

[3] Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik, Bandung: Nusamedia.

[4] Suhendar, A. (2002). Visual Modelling Menggunakan UML Dan Rational Rose, Bandung: Informatika.
Published
2017-03-09
How to Cite
AGUSTAV, Michael; WIDHIYANTI, Kathryn; TRIANTO, Edwin Meinardi. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Untuk Pemula Dengan Metode User Centered Design Berbasis Android. Teknika, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 10-23, mar. 2017. ISSN 2549-8045. Available at: <http://ejournal.ikado.ac.id/index.php/teknika/article/view/47>. Date accessed: 24 sep. 2017.
Section
Articles
Bookmark and Share