Pemanfaatan IPTables Sebagai Intrusion Detection System (IDS) dan Intrusion Prevention System (IPS) Pada Linux Server

  • Ery Setiyawan Jullev Atmadji Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Jember
  • Bekti Maryuni Susanto Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Negeri Jember
  • Rahardian Wiratama Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Negeri Jember
Keywords: Monitoring Keamanan Jaringan, IDS, IPS, IP tables, KDD99

Abstract

Keamanan jaringan menjadi hal yang penting untuk semua industri dan perusahaan untuk melindungi data dan informasi penting yang berada didalamnnya. Perlindungan keamanan dalam suatu jaringan umumnya berbasis pada keamanan transmisi data yang dibuat dan diaplikasikan untuk membantu mengamankan suatu jaringan tertentu. Untuk lebih mengoptimalkan pengambilan keputusan maka diperlukan sebuah mesin yang mampu berkolaborasi dengan database IDS maupun IPS, sehingga tipikal serangan yang sangat beragam dapat dipetakan dengan lebih optimal. Salah satu database yang mempunyai rule yang sudah ada adalah IPTABLES, hal ini dikarenakan pada IPTABLES terdapat fungsi firewall yang mampu menangani jenis serangan yang berlipat serta masif. Server yang akan digunakan adalah server dengan sistem operasi Linux. Sedangkan database serangan IDS yang digunakan adalah database KDD 99 yang sudah diakui sebagai salah satu database serangan yang sangat kompleks. Dengan pemanfaatan IPTABLES ini maka diharapkan keamanan server akan bisa dimonitor dengan lebih optimal. IPTABLES biasanya digunakan sebagai salah satu firewall yang digunakan pada server.

References

[1] Sondakh, G, Najoan, M.E.I dan Lumenta, A. S. (2014). Perancangan Filtering Firewall Menggunakan Iptables di Jaringan Pusat Teknologi Informasi Unsrat. pp. 2301–8402.

[2] Hammersland. R. (2007). ROC in assessing IDS quality. Nor. Inf. Secur. Gjovik, pp. 1–7.

[3] Stephenson, P., (2002). Investigating Computer-Related Crime Handbook For Corporate Investigators.

[4] Anif, M., Hws, S., dan Huri, M.D. (2015). Penerapan Intrusion Detection System ( IDS ) dengan Metode Deteksi Port Scanning pada Jaringan Komputer di Politeknik Negeri Semarang, J. TELE, Vol. 13 Nomor 1, pp. 25–30.

[5] Jose, A.C. dan Malekian, R.. (2015). Smart Home Automation Security: A Literature Review. Smart Comput. Rev., Vol. 5, No. 4, pp. 269–285

[6] Chadli, S., Saber, M., dan Emharraf, M. (2014). A New Model of IDS Architecture Based on MultiAgent Systems for MANET No. ii.
Published
2018-01-09
Section
Articles
Bookmark and Share