Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata)

  • Steven Putera Suryanto Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia
  • Timothy John Pattiasina Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia
  • Anggya Soetarmono Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia
Keywords: penjualan, konsumen, toko online, toko winata, IFML

Abstract

Penjualan produk dan interaksi dengan konsumen adalah proses yang sering dilakukan di usaha/toko yang bergerak di bidang penjualan. Proses penjualan biasanya dilakukan secara langsung dan bertatap muka dengan konsumen. Persoalan penjualan secara langsung berkaitan dengan ruang lingkup dan waktu yang terbatas. Pada penelitian ini penulis merancang dan mengembangkan toko online dengan studi kasus Toko Winata dan menggunakan metode Interaction Flow Modeling Language (IFML). Fungsi dari metode IFML adalah membantu mempermudah komunikasi desain interaksi dengan pemangku kepentingan non-teknis. Fokus penelitian ini adalah pada tampilan antar muka yang menarik, kemudahan penggunaan, serta penyampaian informasi produk kepada konsumen dengan memanfaatkan website sebagai salah satu layanan secara online. Penelitian ini akan membahas mengenai penjualan produk dan interaksi dengan konsumen secara online. Dengan adanya toko online ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pendapatan pada Toko Winata dan keuntungan berupa ruang lingkup yang lebih luas dan waktu yang banyak sehingga dapat menjawab persoalan penjualan secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Rosa, A S dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

[2] Kalakota, R. dan Whinston, A.B. (1997). Electronic Commerce: a Manager's Guide. Amerika Serikat: Addison-Wesley.

[3] http://www.ifml.org/, Diakses pada tanggal 27 Agustus 2015, 13.00 WIB.

[4] https://upyes.wordpress.com/2013/02/06/pengertian-dan-sejarah-mysql/, Diakses pada tanggal 25 Agustus 2015, 13.05 WIB.

[5] http://regibrader-free.blogspot.com/2014/09/download-adobe-dreamweaver-cs3-full-crack.html, Diakses pada tanggal 30 Agustus 2015, 18.10 WIB.

[6] Spainhour, S. dan Eckstein, R. (2003). Webmaster in a Nutshell (3 rd ed.). Amerika Serikat: O'Reilly.

[7] http://www.w3function.com/blog/index.php?p=det&idn=31, Diakses pada tanggal 25 Agustus 2015, 15.00 WIB.

[8] http://www.academia.edu/4603746/Pengertian_PHP_My_SQL, Diakses pada tanggal 24 Agustus 2015, 21.00 WIB.

[9] Santosa, I. (2006). Interaksi Manusia dan Komputer: Teori dan Praktek edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Published
2017-11-30
How to Cite
Suryanto, S. P., Pattiasina, T. J., & Soetarmono, A. (2017). Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata). Teknika, 6(1), 7-18. https://doi.org/10.34148/teknika.v6i1.60
Section
Articles