Rancang Bangun Prototipe Mobil Penjelajah Dengan Kendali Jarak Jauh Melalui Jaringan Wi-Fi Berbasis Antarmuka Web

  • Qisthi Al Hazmi Hidayatur Rohman Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi, Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Nur Sultan Salahuddin Program Studi Sistem Komputer, Universitas Gunadarma
Keywords: Mikropengendali, Raspberry-Pi, Robot, Web, Wi-Fi

Abstract

Perkembangan teknologi berkembang sangat cepat, khususnya pada bidang robotika. Perkembangan teknologi telekomunikasi juga memiliki peran dalam perkembangan robotika, yaitu dalam hal teknologi komunikasinya. Mobil penjelajah merupakan aplikasi dari dunia robotika. Robot sudah banyak digunakan untuk banyak kasus, khususnya untuk penjelajahan suatu wilayah. Menjelajah suatu area yang tergolong berbahaya, seperti daerah kebakaran atau daerah yang memiliki tingkat kadar gas yang berbahaya cukup tinggi. Prototipe robot penjelajah ini bertujuan untuk membantu manusia dalam melakukan penjelajahan di area yang berbahaya tersebut. Pada robot penjelajah ini, digunakan beberapa perangkat yang dapat mendukung penjelajahan dengan jarak jauh, yaitu penggunaan Raspberry Pi sebagai komputer di robot ini, penggunaan wireless router yang berfungsi untuk komunikasi antara manusia dengan mobil penjelajah, sensor GPS yang bertujuan memberikan lokasi mobil, dan sensor kualitas udara yang bertujuan untuk mengetahui kadar gas pada area sekitar mobil. Halaman Web digunakan untuk antarmuka kendali mobil penjelajah.

References

Braunl, T. (2008). Embedded Robotics: Mobile Robot Design and Application with Embedded System 2nd Edition. Berlin: Springer.

Hidayat, D. B. (2013). Control System Mobile Telerobotic with Web-based Interface. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Richardson, M. dan Wallace, S. P. (2012). Getting Started with Raspberry Pi. Sebastopol, CA: O’Reilly Media.

U.S. Government Information about The Global Positioning System. (2015). GPS.gov: GPS Overview. Diakses dari https://www.gps.gov/systems/gps/ pada tanggal 31 Mei 2018.

Chowdhury, M. N., Nooman, M. S., dan Sarker, S. (2013). Access Control of Door and Home Security by Raspberry Pi through Internet. International Journal of Scientific and Engineering Research, 4(11), 550-558.

Minch, E. (2014). Raspberry Pi, Python, Digital Cameras, and Speed Detection: Lessons Learned. American Society for Engineering Education Southeast Section Conference.

Rezki, N., Yusfi, M., dan Yendri, D. (2013). Rancang Bangun Prototipe Pengurang Bahaya Gas Polutan dalam Ruangan dengan Metode Elektrolisis Berbasis Mikrokontroler. Padang: Universitas Andalas.

Kane. (2015). What are safe levels of CO and CO2 in rooms?. Diakses dari http://www.kane.co.uk/knowledge-centre/what-are-safe-levels-of-co-and-co2-in-rooms pada tanggal 31 Mei 2018.

Published
2018-07-05
Section
Articles