https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/issue/feed Artika 2021-08-22T13:55:46+07:00 Benny Rahmawan Noviadji, S.Sn., M.Sn. benny@ikado.ac.id Open Journal Systems <p>ISSN 2355-8121, E-ISSN 2549-7251<br>Artika adalah jurnal Fakultas Desain, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya.<br>Artika telah terindeks di:<br><a href="https://search.crossref.org/?q=artika&amp;publisher-name=Institut+Informatika+Indonesia+Surabaya&amp;container-title=Artika" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a><br><a href="http://www.worldcat.org/search?q=on:DGCNT+http://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/oai+artika:ART+IDISU&amp;qt=results_page" target="_blank" rel="noopener">OCLC WorldCat</a><a href="https://www.mendeley.com/community/artika/documents/" target="_blank" rel="noopener"><br>Mendeley<br></a><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=kvlE-KwAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a><br><a href="https://www.base-search.net/Search/Results?q=dccoll%3Aftikadoojs+url%3Aartika&amp;refid=dclink" target="_blank" rel="noopener">Bielefeld Academic Search Engine (BASE)</a><br><a href="http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/10208" target="_blank" rel="noopener">Garba Rujukan Digital (Garuda)</a><a href="http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&amp;mod=viewjournal&amp;journal=10208" target="_blank" rel="noopener"><br>Indonesian Publication Index</a><a href="http://onesearch.id/Search/Results?filter[]=repoId:IOS6425" target="_blank" rel="noopener"><br>Indonesia One Search</a></p> <p>&nbsp;</p> https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/358 Transformasi Rukun Haji Ke Dalam Perancangan Produk Playground Indoor Sebagai Penunjang Pembelajaran Agama Islam Pada Sekolah TK di Surabaya 2021-08-22T13:55:46+07:00 Sigit Firdaus Prayogi sigit@stts.edu Rizky Nur Fatayah rizky@default.com <p>Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi di dalam diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian dan kecerdasan. Pengetahuan agama islam harus diberikan pada anak sejak usia dini. Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai lembaga pendidikan TK diantaranya TK yang berbasis islam. Fasilitas penunjang aktivitas didalam sekolah sudah seharusnya didapat oleh anak-anak TK islam. Seperti permainan playground dan fasilitas pembelajaran tentang ibadah haji. Namun sayangnya sarana permainan playground seperti yang terdapat pada sekolah TK islam di Surabaya belum menerapkan unsur islam didalamnya. Oleh sebab itu, tahap selanjutnya yaitu melakukan metode pengambilan data dengan cara wawancara dan pengambilan data dari berbagai sumber di internet. Data tersebut digunakan untuk melakukan studi dan analisa elemen yang dibutuhkan dalam perancangan, seperti aktivitas ibadah haji, konsep desain, ergonomi, sistem, material, dan warna. Setelah dilakukan studi dan analisa tersebut, dihasilkan sebuah final desain yang berupa indoor playground playfull yang mengambil inspirasi dari kegiatan ibadah haji dengan menggunakan sistem modular.</p> 2021-08-20T20:56:11+07:00 Copyright (c) 2021 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/359 Desain Sepatu Lapangan Pasukan Infanteri TNI AD 2021-08-22T13:55:06+07:00 Alan David Prayogi alan@stts.edu <p>Bagi infanteri, kaki adalah anggota tubuh yang sangat penting saat berada di medan pertempuran. Jika terjadi cidera pada kaki, hampir dapat dipastikan seorang tentara akan kalah pada pertempuran dikarnakan tidak adanya lagi mobilitas yang dimiliki oleh tentara tersebut. Maka dari itu diperlukan sepatu yang dapat menjaga kondisi kaki agar tetap nyaman dan aman saat bertugas, dan tentunya juga dilengkapi dengan fungsi yang optimal dalam mendukung aktivitas infanteri. Akan tetapi kenyataannya, sepatu lapangan yang ada saat ini masih belum sempurna dalam memenuhi kebutuhan infanteri. Maka dari itu fokus dari riset ini adalah menciptakan desain sepatu lapangan yang ergonomis dan fungsional dalam beradaptasi dengan medan dan kondisi alam di Indonesia. Produk akhir yang dihasilkan dari perancangan ini adalah sepatu lapangan yang memiliki sistem modular yang dapat disesuaikan dengan kondisi medan yang dilalui. Hasil uji coba terhadap final produk pun berhasil menunjukkan bahwa sepatu yang baru berhasil menunjukkan performa yang lebih baik, yang telah dibuktikan dengan metode dr. Woldemar Gerschler. Adapun kendala yang dilalui selama penelitian adalah sulitnya melakukan research &amp; development yang lebih dalam terhadap material karna singkatnya waktu, terlebih karna adanya pandemic covid-19.</p> 2021-08-20T20:57:27+07:00 Copyright (c) 2021 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/391 Board Game Edukatif Tentang Kepedulian Terhadap Binatang Peliharaan Untuk Anak Usia 6-8 Tahun 2021-08-22T13:54:28+07:00 Restu Hendriyani Magh'firoh restu@ikado.ac.id Muhammad Nasrulloh nasrul@ikado.ac.id Paulina Sugiarto paulina@default.com <p>Peningkatan kepedulian terhadap binatang peliharaan kepada anak merupakan hal yang penting karena bermanfaat bagi tumbuh kembang anak untuk kedepannya. Sehingga pengenalan mengenai kepedulian terhadap binatang peliharaan sejak kecil perlu dilakukan pada anak. Dalam mengenalkan kepedulian tersebut kepada anak diperlukan cara yang menarik yaitu melalui bermain sambil belajar dengan media board game. Dilakukan pengumpulan data primer melalui wawancara dan penyebaran kuisoner, sedangkan pengumpulan data sekunder melalui pencarian kajian data seperti teori perkembangan anak, psikologi warna, permainan edukatif, teori board game, dan teori ilustrasi. Dari data yang didapat menyatakan bahwa anak-anak suka belajar sambil bermain, oleh karena itu dibuatlah perancangan board game yang bertemakan kepedulian terhadap binatang peliharaan guna mengajarkan cara memperlakukan binatang peliharaan dengan benar. Hasil dari perancangan ini berupa board game Care for Anymal’s yang terdiri dari aset seperti papan permainan, kartu, pion, dadu, gacha, token, lembar panduan, dan mini comic. Media pendukung juga dirancang guna membantu penjualan media utama yang berupa merchandise serta media promosi. Perancangan ini dibuat dengan harapan memiliki dampak kepada anak agar dapat memperlakukan binatang peliharaan dengan baik dan menerapkannya ke dalam kehidupannya sehari-hari.</p> 2021-08-20T21:05:47+07:00 Copyright (c) 2021 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/395 Perancangan New Media Berbasis Augmented Reality Untuk Mendukung Kegiatan Promosi IKADO Guna Menjangkau Calon Mahasiswa 2021-08-21T13:55:20+07:00 Briantito Adiwena briantito@ikado.ac.id Angga Hendrawan angga@ikado.ac.id Mixzy Indrajaya Mixzy@ikado.ac.id <p>Terbatasnya jarak dan waktu, seringkali membuat para calon mahasiswa terbatas untuk mengakses informasi mengenai IKADO, dengan dirancangnya media Augmented Reality ini, maka diharapkan informasi gedung dan fasilitas IKADO dapat diakses oleh para calon mahasiswa dan orang tua setiap saat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data mengenai indentitas IKADO, ukuran gedung dan fasilitas IKADO. Metode perancangan new media ini dilakukan dengan mengikuti beberapa metode yang telah dilakukan oleh perancang serupa dalam judul "penggunaan AR untuk proses pembuatan batik tulis", dan melakukan penyesuaian perancangan sesuai dengan identitas dan ukuran gedung dan fasilitas IKADO. Perancangan ini menghasilkan Media baru Augmented Reality berupa tampilan tiga dimensi gedung dan fasilitas IKADO. Media ini sebagai sarana informasi yg unik dan efektif tentang fasilitas IKADO, yang diharapkan agar mampu memberikan pengalaman baru khususnya dalam hal promosi yang belum banyak diterapkan oleh beberapa kampus lainnya, sehingga hal ini dapat menjadi solusi yang baik untuk menarik ketertarikan calon mahasiswa dan orang tua. Perancangan Media pendukung diharapkan mampu menjadi media pelengkap yang secara fungsional dapat menunjang media utama.</p> 2021-08-20T21:08:51+07:00 Copyright (c) 2021 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/396 Representasi Budaya Jawa Pada Film Animasi "Knight Kris" 2021-08-21T13:54:44+07:00 Arjuna Bangsawan arjuna@ikado.ac.id <p>Knight Kris merupakan film animasi yang dirilis pada tahun 2017 bergenre fantasi, namun dalam latar cerita, penokohan dan tema yang diangkat mengandung unsur budaya Jawa. Fokus permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana tanda-tanda budaya Jawa direpresentasikan dalam film animasi Knight Kris, dan bagaimana makna yang terkandung dalam representasi budaya Jawa tersebut. Pendekatan penelitian kualitatif, tinjauan pustaka yang digunakan adalah film sebagai teks budaya, budaya Jawa, dan semiotika. Representasi budaya Jawa dalam film ini dibedah menggunakan semiotika model Peirce dan kerangka analisis film dari Fiske. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur budaya Jawa dalam film animasi Knight Kris direpresentasikan melalui adegan, penokohan karakter, setting, dan musik latar. Selain itu, representasi budaya Jawa tentang tata paugeraning urip juga ditemukan pada film ini. Knight Kris juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran karakter kepada siswa untuk mengenalkan etos Jawa dan nilai keluhuran.</p> 2021-08-20T21:11:44+07:00 Copyright (c) 2021 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/393 Perancangan Photobook Untuk Melestarikan Kuliner Pecel Semanggi Khas Kota Surabaya 2021-08-21T13:54:08+07:00 Briantito Adiwena briantito@ikado.ac.id Angga Hendrawan angga@ikado.ac.id Shisi M. Rizky K. A. shisirizky@gmail.com <p>Pecel semanggi adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari daun semanggi yang dikukus dan dinikmati dengan saus yang terbuat dari ketela rambat. Kehadiran penjual semanggi saat ini di Surabaya sudah jarang dijumpai sehingga masyarakat khususnya remaja tidak terlalu mengenal kuliner khas Surabaya ini. Untuk melestarikan keberadaan pecel semanggi yang juga merupakan salah satu ikon Surabaya, peneliti merancang karya photobook yang berisi tentang perjalanan proses pembuatan pecel semanggi dari awal daun semanggi dipetik, diolah dan dijual kepada konsumen.<br>Perancangan photobook dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pedagang pecel semanggi untuk mengidentifikasi dan memahami seluruh aktivitas yang terjadi selama proses pembuatan pecel semanggi. Dari data tersebut disusun storyboard sebagai panduan dalam menentukan alur pengambilan foto.<br>Perancangan ini menghasilkan tiga seri photobook dengan menggunakan konsep fotografi aktivitas manusia. Isi dari tiga seri photobook menceritakan proses pemetikan daun semanggi, pengolahan daun semanggi menjadi makanan siap saji, dan proses pemasaran dari pecel semanggi langsung ke konsumen. Penggunaan fotografi aktivitas manusia bertujuan untuk menggambarkan aktivitas manusia didalam sebuah frame dengan berbagai makna yang terkandung di dalamnya.</p> 2021-08-20T21:14:38+07:00 Copyright (c) 2021 Artika