https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/issue/feed Artika 2024-07-29T15:04:12+07:00 Benny Rahmawan Noviadji, S.Sn., M.Sn. benny@ikado.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Artika (ISSN 2355-8121, E-ISSN 2549-7251)</strong> is a peer-reviewed scientific journal, published twice a year in <strong>July</strong>&nbsp;and&nbsp;<strong>November</strong> by the Center for Research and Community Service, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya. It presents articles on <strong>Art and Design</strong>&nbsp;area that come from the results of empirical research or conceptual works.</p> <p><strong>DOI:</strong> <a href="https://doi.org/10.34148/artika" target="_blank" rel="noopener">https://doi.org/10.34148/artika</a></p> <p><strong>Artika</strong> has been indexed in:<br><a href="https://search.crossref.org/?q=2355-8121&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a><br><a href="http://www.worldcat.org/search?q=on:DGCNT+http://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/oai+artika:ART+IDISU&amp;qt=results_page" target="_blank" rel="noopener">OCLC WorldCat</a><br><a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=125178" target="_blank" rel="noopener">Index Copernicus International</a><a href="https://www.mendeley.com/community/artika/documents/" target="_blank" rel="noopener"><br>Mendeley<br></a><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=kvlE-KwAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a><br><a href="https://www.base-search.net/Search/Results?q=dccoll%3Aftikadoojs+url%3Aartika&amp;refid=dclink" target="_blank" rel="noopener">Bielefeld Academic Search Engine (BASE)</a><br><a href="http://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/10208" target="_blank" rel="noopener">Garba Rujukan Digital (Garuda)</a><a href="http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&amp;mod=viewjournal&amp;journal=10208" target="_blank" rel="noopener"><br></a><a href="http://onesearch.id/Search/Results?filter[]=repoId:IOS6425" target="_blank" rel="noopener">Indonesia One Search</a></p> <p>&nbsp;</p> https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/800 Penerapan Sustainable Design Terhadap Interior Coffee Shop Ada Apa Dengan Kopi Wiyung Surabaya 2024-07-29T15:04:12+07:00 Calorin calorinelo01@gmail.com Catherine Wijaya catherinewijaya624@gmail.com <p>Ada Apa Dengan Kopi merupakan sebuah Coffee Shop yang dikelola oleh Agensi Antidadah Kebangsaan (AADK) yang berlokasi di Surabaya. Proses redesain ini memiliki tujuan agar Ada Apa Dengan Kopi Surabaya telah memenuhi aspek - aspek desain. Di antaranya kenyamanan, keamanan, estetika dan fungsionalitasnya. Pada project ini, desainer ingin menyelesaikan permasalahan existing. Tidak hanya estetis tetapi juga memperkuat konsep Sustainable Design pada Coffee Shop. Desain interior yang berkelanjutan merujuk pada pendekatan dalam merancang dan mengatur ruang dalam sebuah bangunan yang memperhatikan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi. Dalam konteks penerapan SDGs pada interior coffee shop, sustainable design dapat mencakup aspek-aspek seperti penggunaan material daur ulang, peningkatan efisiensi energi, promosi budaya lokal, pendekatan ramah lingkungan dalam desain furniture, dan lain sebagainya. Pada prosesnya, perancang menggunakan metode Design Thinking dengan melalui metode pengolahan data seperti observasi lapangan, wawancara, dokumentasi. Proses perancangan pada interior Ada Apa Dengan Kopi (AADK) coffee shop ini cukup memberikan pengaruh yang baik karena dengan penerapan Sustainable Design dapat menciptakan lingkungan yang ramah lingkungan, ruang yang nyaman dan sehat, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sekitar juga memberikan kontribusi positif terhadap komunitas lokal dan global.</p> 2024-07-29T14:30:02+07:00 Copyright (c) 2024 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/805 Kajian Pengembangan Ekosistem IKM Tapis Lampung Melalui Penerapan Design Thinking 2024-07-29T15:04:12+07:00 Hadi Kurniawan hadiading08@gmail.com <p>Tapis adalah salah satu kerajinan kain Indonesia yang bernilai seni dan estetika tinggi dari wilayah Lampung. Industri kecil menengah (IKM) Tapis Lampung memiliki potensi besar sebagai sektor bisnis unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Para pelaku IKM Tapis Lampung menghadapi berbagai bidang permasalahan dalam menjalankan bisnis sehingga menghambat kelancaran dan kemajuan kegiatan usaha. Beberapa contoh permasalahan yang menjadi tantangan IKM Tapis Lampung dalam kegiatan bisnis antara lain keterbatasan akses pemasaran, permodalan, trasnformasi digital, regenerasi pelaku usaha, ketersedian bahan baku, dsb. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya upaya-upaya untuk mendukung pengembangan ekosistem bisnis IKM Tapis Lampung agar dapat memecahkan permasalahan serta meningkatkan kemajuan bidang tersebut. Penelitian ini bertujuan mengkaji permasalahan dan menemukan solusi untuk pengembangan ekosistem bisnis sehingga bisa menjadi salah satu rujukan dalam upaya memajukan IKM Tapis Lampung. Metode penelitian ini menggunakan Design Thigking yang terdiri dari lima tahap yaitu empahtise, define, ideate, prototype, test. Hasil penelitian berupa rancangan program kegiatan yang diklasifikasikan dalam sembilan dimensi ekosistem bisnis untuk menjadi solusi masalah-masalah yang dihadapi IKM Tapis Lampung serta meningkatkan kemajuan sektor tersebut.</p> 2024-07-29T14:35:19+07:00 Copyright (c) 2024 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/824 Perancangan Kampanye Sosial Tentang Daur Ulang Sampah Kertas Menjadi Kerajinan Miniatur Untuk Mewujudkan Ekonomi Hijau 2024-07-29T15:04:12+07:00 Restu Hendriyani Magh'firoh restu@ikado.ac.id Arjuna Bangsawan arjuna@ikado.ac.id Alfredo Enrico Filbert Hatut alfredo@default.com <p>Sampah kertas merupakan sampah yang termasuk sampah organik yang dapat diuraikan. Sampah kertas selain mengganggu lingkungan, juga menimbulkan berbagai masalah untuk lingkungan sekitar. Dengan begitu perlunya dilakukan daur ulang terhadap sampah kertas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kampanye sosial tentang daur ulang sampah kertas untuk mengedukasi dampak sampah kertas serta cara mendaur ulang sampah kertas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (wawancara dan kuisioner) serta beberapa sumber lain seperti buku, jurnal dan internet serta menggunakan metode komunikasi persuasif dalam penyampaian kata-kata atau kalimat yang bertujuan untuk mengajak, menghimbau, mengubah perilaku, sikap, dan pola pikir. Metode perancangan yang digunakan adalah tahap perancangan ide dan konsep, tahap pemilihan alat dan bahan, tahap proses pembuatan karya dan tahap perancangan media pendukung. Hassil perancangan ini berupa e-book yang berjudul “Gunakan Sampah Kertas Untuk Kedua Kalinya” dengan pembahasan mengenai sampah kertas dan dampak yang ditimbulkan serta cara untuk mendaur ulang sampah dan stan instalasi yang bernama “Stasiun Daur Ulang Kertas”. Selain itu juga terdapat media pendukung untuk menunjang media e-book dan stan instalasi. Diharapkan kampanye ini dapat membuat masyarakat mengetahui dampak yang ditimbulkan dari sampah kertas dan mengetahui cara mendaur ulang sampah kertas, sehingga masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dari sampah kertas.</p> 2024-07-29T14:48:05+07:00 Copyright (c) 2024 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/858 Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Sarana Edukasi dan Dukungan Sosial Terhadap Penderita Skizofrenia 2024-07-29T15:04:12+07:00 Swesti Anjampiana Bentri swesti@ikado.ac.id Benny Rahmawan Noviadji benny@ikado.ac.id Samuel Indra Kristiawan sam.indrakris@gmail.com <p>Gangguan kejiwaan dapat dapat dialami setiap orang dan mengakibatkan gangguan cara berpikir, merasa, perilaku dan interaksi. Skizofrenia adalah gangguan jiwa berat yang bersifat kronis. dimana penderita mengalami kesulitan untuk membedakan antara realita dan delusi atau waham maupun halusinasi yang dialami. Saat ini masih banyak yang belum memahami tentang skizofrenia, sehingga memerlukan media untuk mengenalkan atau mengedukasi tentang skizofrenia. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan perancangan media edukasi akan pentingnya dukungan sosial terhadap penderita skizofrenia berupa buku ilustrasi yang ditujukan kepada kalangan remaja hingga dewasa. Tujuan karya ini adalah agar mereka sebagai orang terdekat dapat memahami apa itu skizofrenia dan bagaimana menanganinya. Proses perancangan dimulai dari riset data melalui wawancara dengan seorang psikiater. Selain itu juga melalui observasi terhadap salah satu penderita. Pengumpulan data sekunder didapatkan dari beberapa sumber seperti buku, jurnal dan artikel. Proses pembuatan karya dimulai dari penyusunan materi buku, desain karakter, sketsa, layout. Hingga dihasilkan karya berupa buku ilustrasi berisi 60 halaman sebagai media utama. Melalui perancangan buku ilustrasi ini diharapkan kalangan remaja dan dewasa dapat lebih memahami skizofrenia dan penangannanya, sehingga memberikan dampak positif bagi penderita untuk bisa berfungsi dengan baik dalam kehidupan.</p> 2024-07-29T14:52:39+07:00 Copyright (c) 2024 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/839 Kajian Semiotika Ruang Pada Masjid Gedhe Kauman – Yogyakarta 2024-07-29T15:04:12+07:00 Yusron Falahi yusronfalahi7@gmail.com Acep Iwan Saidi acep@default.com <p>Bangunan Masjid Gedhe merupakan sebuah representasi kehidupan masyarakat jawa yang selalu berpegang teguh terhadap budaya yang identik dengan unsur keseimbangan. Oleh karena itu, perlu untuk mengungkap makna dan signifikansi dalam arsitektur Masjid Gedhe sehingga tidak hanya dipandang sebagai bangunan fisik, tetapi juga sebagai simbol yang mengkomunikasikan nilai-nilai keagamaan dan budaya Islam. Dengan menggunakan Semiotika Ruang untuk mengkaji bangunan Masjid Gedhe, terutama fokus pada fasad dan ruang utama. Melalui metode ini, aspek-aspek arsitektur, dekorasi, tata letak, dan penggunaan ruang diinterpretasikan sebagai simbol-simbol yang menyampaikan pesan keagamaan, budaya, dan sosial. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Masjid Gedhe mencerminkan makna filosofis budaya Jawa yang dipadukan dengan ajaran Islam, terutama dalam struktur ruang dan fungsi-fungsi simbolisnya. Ruang-ruang seperti liwan, serambi, dan regol mencerminkan signifikasi dalam praktek keagamaan dan interaksi sosial di dalam masjid. Ini menunjukkan bahwa melalui kajian Semiotika Ruang, Masjid Gedhe dapat dipahami sebagai medium yang menggabungkan nilai-nilai budaya dan agama dalam satu wadah fisik yang sama, mencerminkan perpaduan harmonis antara dua tradisi yang penting dalam kehidupan masyarakat Yogyakarta. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana elemen-elemen arsitektur Masjid Gedhe Kauman berfungsi sebagai simbol yang menyampaikan pesan-pesan religius dan budaya, sehingga memperdalam pemahaman tentang peran ruang dalam menghubungkan aspek fisik dan spiritual dalam arsitektur Islam.</p> 2024-07-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Artika https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/artika/article/view/890 Instagram Sebagai Media Promosi Minuman Herbal ‘Senja Herbs’ Surabaya 2024-07-29T15:04:12+07:00 Meirina Lani Anggapuspa meirinaanggapuspa@unesa.ac.id Marsudi marsudi@default.com Muh. Ro’is Abidin rois@default.com <p>Sulitnya memasarkan hasil produk hingga menurunnya omzet penjualan menjadi salah satu dampak yang dirasakan oleh pelaku UKM di masa setelah pandemi. Senja Herb merupakan salah satu UKM minuman herbal di Surabaya yang didirikan sejak tahun 2020 serta memiliki potensi dan prospek sangat bagus jika terus dikembangkan. Namun saat ini usahanya tergolong stagnan atau belum berkembang secara optimal karena kurangnya strategi serta media pemasaran yang digunakan. Berdasarkan masalah tersebut, dilakukan perancangan media promosi berbasis online sebagai solusi pada UKM Senja Herb. Perancangan ini bertujuan untuk membangun citra produk agar lebih mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat luas serta meningkatkan penjualan. Metode yang dilakukan adalah pelatihan dan perancangan media promosi dengan pendekatan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dapat diterapkan secara prosedural. Menggunakan gaya visual modern dan minimalis untuk menjangkau target audiens. Hasil yang diperoleh berupa desain logo baru yang kemudian diimplementasikan pada label kemasan botol sebanyak 4 varian rasa, foto produk untuk Instagram, dan penerapan tagar pada Instagram story sehingga bisa diposting ulang. Dari promosi yang diunggah melalui Instagram, nampak adanya peningkatan penjualan. Dengan pengembangan media ini, diharapkan Senja Herbs bisa mempertahankan sekaligus mengembangankan media promosi untuk keberlangsungan usahanya.</p> 2024-07-29T15:02:18+07:00 Copyright (c) 2024 Artika