Sistem Informasi Forum Diskusi Programmer Berbasis Web Menggunakan Rapid Application Development

  • Adi Supriyatna Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
  • Mas Aji Sapto Nugroho Program Studi Sistem Informasi, STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Keywords: Forum Diskusi, Rapid Application Development, Sistem Informasi

Abstract

Programmer merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengembangan aplikasi atau sistem informasi. Aplikasi-aplikasi yang dibuat tentu memiliki banyak manfaat terutama terhadap user. Saat ini, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para programmer. PHP, C#, VB. NET, dan Java merupakan beberapa contoh bahasa pemrograman yang saat ini banyak digunakan oleh para programmer. Oleh karena itu seorang programmer tentu harus bisa menguasai banyak bahasa pemrograman agar dapat menunjang suatu pekerjaan. Sebuah aplikasi terdiri dari berbagai macam kasus–kasus ataupun kondisi khusus agar aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna. Namun bagaimana apabila programmer menemukan kasus yang sulit untuk diselesaikan terkait source code, syntax ataupun logika algoritma. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem informasi forum diskusi online yang dapat mendokumentasikan dengan baik syntax–syntax dan kasus yang telah diselesaikan. Mampu menyediakan media sharing dan diskusi secara online serta memberikan kemudahan dalam berbagi ilmu dan pengetahuan antar programmer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rapid Application Development (RAD). Dalam hal ini dengan adanya forum diskusi online ini tentu akan bermanfaat karena segala sesuatu yang dibahas oleh programmer akan otomatis terdokumentasi sehingga programmer ketika menemukan sebuah kasus yang sulit dapat dengan mudah untuk mengatasinya. Dengan begitu programmer dapat meningkatkan kualitas terhadap aplikasi yang dikembangkan.

References

Febriadi, H. & Syamsuddin, M.A. (2017). Pengembangan Desain Knowledge Management System: Studi Kasus Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai. J. Perspekt. Bea dan Cukai, Vol. 1, No. 1, pp. 10–25.

Puspitasari, D. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web. J. Pilar Nusa Mandiri, No. 2, pp. 227–240.

Sansprayada, A. (2016). Pemodelan Knowledge Management Berbasis Web Studi Kasus Budidaya Lele ARRA FARM. Inf. Syst. Educ. Prof., Vol. 1, No. 1, pp. 9–20.

Saraswati, S.D. (2018). Rancang Bangun Prototipe Knowlegde Management System Untuk Mendukung Knowledge Sharing Dengan Model Seci : Studi Kasus PT Republika Media Mandiri Jakarta. J. Pilar, Vol. 14, No. 1, pp. 75–82.

Suminten. (2017). Analisis Knowledge Management Identifikasi Kerusakan Notebook Pada Lestari Computer Menggunakan Model Seci. J. Techno, Vol. 14, No. 2, pp. 1–8.

Putranto. (2012). Perancangan Forum Diskusi Mobile Online Learning. Comtech, Vol. 3, No. 2, pp. 860–871.

Kurniawan, W., Suprianto, A. & Sumardiyono, B. (2016). Rancangan Sistem Forum Diskusi Online Untuk Program Studi Sistem Informasi Antara Dosen Dan Mahasiswa. J. Rekayasa Inf., Vol. 5, No. 2, pp. 43–51.

Handoyo, E.D. & Risal. (2014). Pemrograman Berorientasi Objek Yang Susah Jadi Mudah, 1st ed. Bandung: Informatika.

Frieyadie. (2017). Model Rapid Application Development Untuk Rancang Bangun Sistem Informasi Tempat Pemakaman Umum. J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., Vol. 2, No. 2, pp. 7–14.

Published
2018-11-14
Section
Articles