Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Android Menggunakan Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosis Kerusakan Pada Hardware Laptop

  • Budi Wijaya Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ciputra
  • Rinabi Tanamal Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ciputra
Keywords: Android, Forward Chaining, Kerusakan Laptop, McGoo, Sistem Pakar

Abstract

Kebutuhan dan penggunaan laptop yang banyak sering diikuti oleh banyaknya permasalahan yang sering terjadi pada laptop yang digunakan. Beberapa permasalahan yang sering terjadi, seperti layar laptop tampil blue screen, baterai laptop yang cepat habis, keyboard tidak berfungsi dengan normal, ataupun laptop yang tiba-tiba mati dengan sendirinya. Bila permasalahan tersebut timbul, biasanya pengguna laptop yang masih awam tidak mengerti apa yang harus mereka lakukan. Biaya perbaikan laptop yang harus dibayar termasuk mahal. Tidak hanya itu, jika permasalahan tersebut dibawa ke tempat servis laptop, ada beberapa teknisi laptop yang salah mendiagnosis kerusakannya karena kurang pemahaman atau pengalaman mengenai masalahnya. Maka dari itu, untuk mengatasi beberapa permasalahan yang sering terjadi di atas, dibuatlah aplikasi sistem pakar berbasis Android menggunakan metode forward chaining yang dapat mendiagnosis kerusakan hardware laptop secara tepat. Expert system shell yang digunakan adalah McGoo yang selanjutnya menggunakan Thunkable sebagai pembuat aplikasi sistem pakar. Dengan sistem ini, diharapkan user dapat lebih cepat, mudah, dan efisien dalam memperbaiki laptop dan mengambil keputusan secara tepat. Kesimpulan yang didapat menunjukkan bahwa pembentukan pohon keputusan untuk diagnosis kerusakan hardware laptop dapat diimplementasikan ke dalam aplikasi. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi sistem pakar yang telah terbentuk dapat diakses melalui smartphone berbasis Android sehingga dapat membantu pengguna laptop untuk memahami dan mengatasi masalah dan gangguan pada bagian hardware laptop.

References

Perkasa, A. & Santhika, E. (2018). Pasar Laptop Terus Mendominasi, Gerus Desktop dan Komersial. Diakses dari CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180427093102-185294019/pasar-laptop-terus-mendominasi-gerus-desktop-dan-komersial pada tanggal 28 April 2018.

Hayadi, B.H. & Rukun, K. (2016). What is Expert System. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

McGoo Software. (n.d.). About ES-Builder Web. Diakses dari McGoo: https://www.mcgoo.com.au/html/es-builder_web.php

Jubilee Enterprise. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Tanamal, R. (2017). Analisis Faktor yang Paling Berpengaruh Pada Keinginan Menggunakan Aplikasi Grab di Kota Surabaya. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana, Vol. 1, No. 2, pp. 119-128.

Published
2019-06-11
Section
Articles