Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus Kelurahan Kota Uneng)

  • Petrus Wolo Program Studi Teknik Informatika, Universitas Nusa Nipa
  • Alfridus Servasius M Paseng Program Studi Teknik Informatika, Universitas Nusa Nipa
  • Yon Wiliam Roberth Program Studi Teknik Informatika, Universitas Nusa Nipa
Keywords: Simple Additive Weighting (SAW), Sistem Pendukung Keputusan, Raskin

Abstract

Program Beras Miskin atau Raskin merupakan salah satu program pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran dan perlindungan terhadap keluarga miskin melalui pendistribusian beras dengan jumlah dan harga tertentu. Dalam pendistribusian Raskin di kelurahan Kota Uneng sering kali ditemui kendala atau permasalahan karena masih dilakukan secara manual sehingga memungkinkan terjadinya penentuan secara subyektif oleh pihak pemerintah kelurahan dan belum mengacu pada kriteria yang telah ditentukan. Pada penelitian ini dibangun sistem pendukung keputusan untuk menentukan penduduk yang berhak menerima beras miskin dan penduduk yang benar-benar membutuhkan. Dalam penelitan penentuan penerimaan beras Raskin untuk keluarga tidak mampu menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). SAW merupakan penjumlahan terbobot dari nilai kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut dan membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua nilai alternatif yang ada sehingga dapat membantu pihak Kelurahan Kota Uneng dalam menentukan penduduk yang berhak menerima beras miskin dan penduduk yang benar-benar membutuhkan. Dengan demikian diharapkan penyaluran bantuan akan tepat sasaran. Hasil tersebut kemudian dapat ditampilkan berdasarkan nilai terbesar atau terkecil, sehingga memudahkan pengambil keputusan untuk memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif.

References

Rini, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beras Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol. 2, No. 2.

Siswono dkk. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Penerima Program Raskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Kelurahan Kesambi. Jurnal Digit, Vol. 7, No.1.

Pratama dkk.. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Beras Miskin (Raskin) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus: Desa Kerjo Lor, Ngadirojo, Wonogiri). Jurnal SCRIPT, Vol. 4, No. 2.

Angrawati dkk. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jumlah Beras Miskin Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW). semanTIK, Vol. 2, No. 1.

Akbar dkk. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penyaluran Beras Bersubsidi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Media Infotama, Vol. 10, No. 2.

Firdyana dkk. (2017). Penerapan Metode Weighted Product Untuk Menentukan Penerima Bantuan Beras Masyarakat Miskin (Raskin). Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Unversitas Mulawarman.

Ferawati, K. (2015). Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Raskin Di Kelurahan Simpang Baru Panam. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 1.

Nofriansyah (2014). Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Kusumadewi dkk. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published
2019-06-24
Section
Articles