Monitoring Ruangan Untuk Deteksi Manusia Berbasis CNN Dengan Fitur Push Notification

  • Windra Swastika Ma Chung Human Machine Interaction Research Center, Universitas Ma Chung
  • Albert Wahyudi Nur Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ma Chung
  • Oesman Hendra Kelana Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ma Chung
Keywords: Convolutional Neural Network, Deteksi Gerakan, Monitoring Ruangan, Raspberry Pi, YOLO

Abstract

Pemantauan atau monitoring adalah salah satu kegiatan untuk memantau setiap gerakan dari waktu ke waktu. Pemantauan memiliki berbagai tujuan termasuk menganalisis, mengumpulkan data atau mengamati pola pergerakan. Pemantauan juga dapat diartikan, yaitu melakukan pengamatan terhadap situasi di sekitarnya. Dalam penelitian ini, dibuat sebuah sistem monitoring ruangan yang dapat mendeteksi objek manusia dengan menggunakan perangkat Raspberry Pi 3 dan akan mengirimkan push notification ketika sistem mendeteksi gerakan manusia dalam video. Untuk deteksi manusia berbasis Convolutional Neural Network (CNN) digunakan framework You Only Look Once (YOLO) dan untuk mengirim notification digunakan teknologi Firebase Cloud Messaging. Dari pengujian yang dilakukan, didapatkan akurasi pendeteksian sebesar 71% untuk video pertama dan akurasi 73,2% untuk video kedua. Sensitivitas seluruh sistem adalah 55,01% dan 57,96% serta spesifisitas dari kedua tes ini adalah 95% dan 94,77%

References

Delia, R.P. (2009). Analisis Determinan Penyebab Timbulnya Fear of Crime Pada Kasus Pencurian Di Kalangan Ibu Rumah Tangga. Indonesian Journal of Criminology, 5(1).

Sikumbang, S., & Suryadi, K. (2015). Human Detection Menggunakan Metode Histogram Of Oriented Gradients (Hog) Berbasis Open CV. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).

Umam, K. & Negara, B.S., (2016). Deteksi Obyek Manusia Pada Basis Data Video Menggunakan Metode Background Subtraction Dan Operasi Morfologi. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2(2), pp.31-40.

Du, J., (2018). Understanding of Object Detection Based on CNN Family and YOLO. Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1004, No. 1, p. 012029.

Bradski, G. & Kaehler, A. (2008). Learning OpenCV, 1st edition, United States: O’Reilly Media.

Solem, J.E. (2012). Programming Computer Vision with Python, Mountain View: O’Reilly.

Rosebrock, A. (2016). Practical Python and OpenCV, 3rd edition, PyImageSearch.

Redmon, J., Divvala, S., Girshick, R. & Farhadi, A (2015). You Only Look Once: Unified, Real-Time Object Detection, Diakses https: //pjreddie.com/media/ files/papers/yolo.pdf pada tanggal 16 Februari 2019.

Published
2019-10-31
Section
Articles