ANALISA KOMPRESI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE HADAMARD

  • Eva Haryanty
Keywords: Kompresi data, file citra

Abstract

Kompresi data adalah proses mengubah suatu input data menjadi data lain dengan format berbeda dan ukuran yang lebih kecil, atau proses pengkodean dari suatu data untuk mengurangi kebutuhan akan media penyimpanan. Salah satu jenis file yang paling banyak membutuhkan proses kompresi adalah file citra. Tujuan dari penelitian kali ini adalah menganalisa kembali hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Yudi Prayudi dan Ali Facruddin, dosen pada salah satu universitas di Yogyakarta. Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan oleh Yudi Prayudi dan Ali Fachruddin, didapat hasil bahwa kompresi citra dengan menggunakan matriks 4x4 membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan matriks 8x8.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prayudi, Yudi, Ali Facruddin, Analisa Kompresi Citra Digital Menggunakan Metode Hadamard, Teknik Industri FT Universitas Islam Indonesia.

Achamd, Balza, dan Kartika Firdausy, Teknik Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi, Yogyakarta : Ardi Publishing, 2005

Mandala, Jani F., Pemanfaatan Transformasi Wavelet Citra Wajah, Institut Teknologi Banding, 2003

Multimedia 7.pdf, Kuliah Semester Genap, Fakultas Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana, 2005-2006

Tharom, Tabratas, Pengolahan Citra Pada Mobil robot, IlmuKomputer.com, 2003

Linda, Agustina, Penerapan Region of Interest (ROI) pada Metode Kompresi JPEG2000, Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Jain, A. K., Fundamentals of Digital Image Processing, Prentice Hall, New Delhi, 1995.
Published
2012-07-01
How to Cite
Haryanty, E. (2012). ANALISA KOMPRESI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE HADAMARD. Teknika, 1(1), 13-20. https://doi.org/10.34148/teknika.v1i1.2
Section
Articles