Awareness Penggunaan dan Pemanfaatan Public Cloud Storage di Indonesia

  • David Sundoro
Keywords: Public Could Storage, internet, tingkat awareness

Abstract

Semakin besarnya tingkat urgensi dari data serta tingginya mobilitas pengguna internet pada masa sekarang menuntut dukungan dari tempat penyimpanan data atau storage. Teknologi informasi pada perkembangannya menawarkan layanan cloud storage yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna internet sebagai tempat penyimpanan data yang fleksibel untuk diakses dari mana saja oleh pengguna, selama akses ke internet tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat awareness dari pengguna internet di Indonesia, didalam menggunakan dan memanfaatkan public cloud storage tidak berbayar (gratis) yang disediakan oleh beberapa penyedia jasa cloud storage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2014. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014, Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia.

[2] Ian Foster, Yong Zhao, Ioan Raichu, and Shiyon Lu, 2008. Cloud Computing and Grid Computing 360-Degree Compared.

[3] Iulia Ion, Niharika Sachdeva, Ponnurangam Kumaraguru, and Srdjan Capkun, 2011. Home is Safer than The Cloud! Privacy Concerns for Consumer Cloud Storage, Symposium on Useable Privacy and Security (SOUPS) 2011.

[4] Ricardo Neisse, Dominik Holling and Alexander Pretschner, 2011. Implementing Trust in Cloud Infrastructure.

[5] Christian Cachin, Idit Keidar, and Alexander Shraer, 2009. Trusting the Cloud.
Published
2015-12-02
How to Cite
Sundoro, D. (2015). Awareness Penggunaan dan Pemanfaatan Public Cloud Storage di Indonesia. Teknika, 4(1), 17-19. https://doi.org/10.34148/teknika.v4i1.31
Section
Articles