Eksperimentasi Pembelajaran Daring Dengan Video Conference Pada Program Studi Teknik Informatika di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v10i1.323Keywords:
e-learning, uji mann whitney, video konferensi, matematika, teknik informatikaAbstract
Masa pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan strategi pembelajaran dari offline menjadi online. Pembelajaran online ini bukan merupakan hal baru, namun pembelajaran online pada masa pandemi sangat berbeda karena pembelajaran harus dilakukan full daring selama 1 semester. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan video conference dalam pembelajaran sinkronus yang dilakukan secara online. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi dengan populasi mahasiswa Teknik Informatika STIKI, dengan pengambilan sampel secara random pada mahasiswa yang menempuh mata kuliah bersama dan mata kuliah keahlian. Analisis data yang digunakan adalah Uji Mann Whitney. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan hasil belajar yang diukur dari nilai posttest mahasiswa antara pembelajaran daring dengan menggunakan video conference dan LMS Moodle yang dikembangkan di STIKI tanpa menggunakan video conference pada mata kuliah bersama. Sedangkan pada mata kuliah keahlian ada perbedaan hasil belajar yang diukur dari nilai posttest mahasiswa antara kegiatan perkuliahan daring dengan menggunakan video conference dan kegiatan daring dengan Moodle saja tanpa menggunakan video conference. Pembelajaran melalui video conference tidak selalu berpengaruh pada hasil belajar, namun ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi, seperti tingkat kesulitan materi dan ketertarikan mahasiswa untuk mempelajari materi.
Downloads
References
Worldometer. (2020). Covid-19 Coronavirus Pandemic. Diakses dari: https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries pada tanggal 27 Desember 2020
Desk, N. (2020). Jokowi Calls For ‘Social Distancing’ To Stem Virus Spread. Diakses dari:, https://www.thejakartapost.com/news/2020/03/15/jokowi-calls-for-social-distancing-to-stem-virus-spread.html pada tanggal 15 Maret 2020.
Hamadin, Nyeneng, I.D.P. & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Tik Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, Vol. 3(2).
Anonim. (2020). Media Komunikasi dan Inspirasi: Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Meringankan Beban dengan Bantuan Kuota Internet.
Silitonga, Y. & Eminency, D.V. (2012). Analisa Perbandingan Kualitas Belajar-Mengajar antara Metode Face to Face dan Video Conference. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 4(2), pp. 477—487.
Upshaw, B.A. (2019). The Effects of Video Conferencing As an Instructional Tool in the High School Spanish II Classroom [Disertasi]. Education Department, Carson-Newman University.
Haqien, D. & Rahman, A.A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artik. Pendidikan), Vol. 5(1).
Rustaman, A.H. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Daring, Video Conference Dan Sosial Media Pada Mata Kuliah Komputer Grafis 1 Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol. 4(3), pp. 557—562.
Ismawati, D. & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, Vol. 5(1), pp. 665-65.
Raharjo, S. (2015). Cara Uji Normalitas Shapiro-Wilk dengan SPSS Lengkap. Diakses dari: https://www.spssindonesia.com/2015/05/cara-uji-normalitas-shapiro-wilk-dengan.html.
Mann, P.S. (2013). Introduction Statistic 8th Edition. Wiley.
Suyanto & Gio, P.U. (2017). Statistika Nonparametrik Dengan SPSS, Minitab, dan R. Medan: USU Press
Sasongko, D.B., Fatirul, N. & Hartono. (2019). Pengembangan E-Learning dengan Video Conference untuk Pendukung Pembelajaran Informatika Terapan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Jurnal Education and Development, Vol. 7(2), pp. 236—240.
Anggraini, S. (2020). Analysis Students Difficulty Learning Discrete Mathematics. International Conference on Social, Sciences and Information Technology.
Kusumaningrum, D.S. & Lestari, S.A.P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Diskrit Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Prisma, Vol. 8(2), pp. 96—110.