Rancang Bangun Sistem Klinik Fisioterapi (Studi Kasus: VISIC Surabaya)

  • Devi Dwi Purwanto Program Studi Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya, Surabaya, Jawa Timur
  • Jimmy Tegarianto Program Studi Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya, Surabaya, Jawa Timur
Keywords: Klinik, Fisioterapis, Codeigniter, HTML5

Abstract

VISIC Surabaya merupakan klinik fisioterapis yang berfokus menangani pasien cedera pasca olahraga. Di era persaingan bisnis yang mengandalkan perkembangan teknologi, saat ini VISIC memiliki kendala dalam menyediakan pelayanan yang cepat dan tepat, dimana pelayanan masih menggunakan sistem manual yakni dengan dicatat dalam buku tulis. Oleh karena itu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik maka diperlukan suatu sistem informasi untuk membantu baik pendaftaran, pencatatan hingga pelaporan seluruh transaksi yang ada di VISIC Surabaya. Aplikasi klinik VISIC Surabaya merupakan suatu aplikasi berbasis website menggunakan framework Codeigniter yang ditujukan untuk membantu pasien sehingga dapat melakukan pendaftaran secara online, melihat history pemeriksaan, dan mengubah jadwal kedatangan. Untuk fisioterapis, aplikasi ini bertujuan untuk membantu memberikan kemudahan dalam memberikan jadwal praktek ke pasien, pencatatan rekam medis, dan kemudahan dalam pencatatan pemeriksaan pasien dengan gambar menggunakan HTML 5 Canvas. Sedangkan untuk petugas, aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pencatatan barang, melihat kedatangan pasien, melakukan check in kedatangan, mencetak invoice hingga pelaporan. Hasil pengujian menggunakan metode Blackbox menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik pada browser umum seperti Chrome, Mozilla, dan lain lain. Berdasarkan hasil pengujian melalui kuesioner didapatkan hasil 80% aplikasi VISIC mampu menangani masalah dan memberikan pelayanan yang cepat dengan memberikan fitur reservasi online serta 73,3% menghasilkan informasi yang akurat dalam hal titik terapi yang dilakukan oleh fisioterapis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

IDCloudHost. (2017). Belajar Cepat Framework Codeigniter Untuk Pemula. Diakses dari https://idcloudhost.com/wp-content/uploads/2017/08/Panduan-Belajar-Cepat-Framework-Codeigniter-untuk-Pemula-IDCloudHost.pdf. pada tanggal 19 Mei 2020

Basuki, A. (2010). Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Lokomedia.

Wikipedia. (2020). HTML. Diakses dari: https://id.wikipedia.org/wiki/HTML pada tanggal 5 Mei 2020.

Williams, B.K. & Sawyer, S.C. (2007). Using Information Technology. Yogyakarta: Andi.

Wikipedia. HTML 5 Canvas. Diakses dari: https://id.wikipedia.org/wiki/HTML5_canvas pada tanggal 5 Mei 2020.

Boulos, M.N.K., Warren, J., Gong, J. & Yue, P. (2010). Web GIS in Practice VIII: HTML5 and the Canvas Element for Interactive Online Mapping. International Journal of Health Geographics Vol. 9.

Tim EMS. (2016). All in One Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pramono I., & Honggara E.S. (2019). Website Pemesanan Karangan Bunga Dekoratif dengan Fasilitas Kustomisasi Rangkaian. Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology, Vol. 1(1), pp. 1-5.

Timpka, T., Ekstrand, J. & Svanström, L. (2006). From Sports Injury Prevention to Safety Promotion in Sports. Sports Medicine, Vol. 36, pp. 733–745.

Published
2021-02-10
How to Cite
Purwanto, D. D., & Tegarianto, J. (2021). Rancang Bangun Sistem Klinik Fisioterapi (Studi Kasus: VISIC Surabaya). Teknika, 10(1), 53-61. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i1.329
Section
Articles