Pemanfaatan Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Fisika Elektromagetik

  • Tyrza Adelia Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surabaya
  • Susana Limanto Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surabaya
Keywords: elektromagnetik, pembelajaran, multimedia

Abstract

“Elektromagnetik” adalah salah satu mata pelajaran Fisika yang diajarkan di SMK. Materi ini sangat berguna untuk siswa karena banyak penerapan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang muncul adalah siswa yang masih sulit memahami materi elektromagnetik dan rumus-rumus terkait, serta membayangkan cara menerapkan materi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari karena sistem belajar mengajar di sekolah yang menggunakan media konvensional seperti presentasi power point, buku, papan tulis, dan alat peraga. Untuk mengatasinya, dibuat media aplikasi multimedia pembelajaran yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk siswa dalam memahami materi dan rumus-rumus terkait, serta membayangkan cara menerapkan materi dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembuatan aplikasi pembelajaran melalui penelitian dengan metode waterfall yang dimulai dengan mengumpulkan data. Data tersebut akan digunakan untuk merangkum permasalahan yang ada dan menentukan kebutuhan sistem aplikasi multimedia yang akan dibuat. Aplikasi ini melewati proses uji coba untuk memastikan aplikasi pembelajaran sudah bebas dari error (verifikasi) dan sesuai dengan kebutuhan pengguna (validasi). Validasi dilakukan dengan cara melakukan wawancara kepada tiga orang guru fisika SMK ‘X’ dan menyebarkan kuisioner kepada 20 orang siswa terkait dengan kemanfaatan aplikasi. Pengukuran dilakukan dengan melakukan pre-test dan post-test kepada 20 orang siswa. Soal yang digunakan untuk melakukan pre-test dan post-test diacak dari bank soal, masing-masing 10 soal untuk pre-test dan 10 soal untuk post-test. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi elektromagnetik dan rumus-rumus terkait, serta membantu memudahkan guru dalam penyampaian materi elektromagnetik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan sebesar 100% dari jumlah siswa yang mampu mengerjakan lebih banyak soal post-test dengan benar.

References

[1] Ruwanto, B. (2007). Asas-Asas Fisika. PT Ghalia Indonesia.

[2] Pauliza, O. (2008). Fisika Kelompok Teknologi dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Grafindo Media Pratama.

[3] Wardani, D. I. K. (2016). Elektromagnetik untuk Siswa SMK. Tugas Akhir. Surabaya: Universitas Surabaya.

[4] Susilana, R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

[5] Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

[6] Oka, G., P., A. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Published
2017-11-30
Section
Articles