Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi Pada UMKM Kerupuk Sidoarjo

  • Endah Asmawati Jurusan Teknik Informatika, Universitas Surabaya
  • Dhiani T Absari Jurusan Teknik Informatika, Universitas Surabaya
  • Arif Herlambang Jurusan Manajemen, Universitas Surabaya
  • Yon Haryono Jurusan Teknik Manufaktur, Universitas Surabaya
Keywords: UMKM, Kerupuk, Administrasi, Sistem Informasi Produksi

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakah salah satu unit usaha yang berperan cukup penting pada sektor perekonomian Indonesia. Banyaknya UMKM yang tetap eksis meskipun perekonomian nasional sedang lesu membuat UMKM menjadi unit bisnis yang dapat mengurangi pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan UMKM dalam melakukan pencatatan adminstrasi. Untuk itu dilakukan pendekatan kualitatif dengan mengambil sampel sebanyak 12 UMKM yang memproduksi kerupuk mentah di Kecamatan Krembung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara terstruktur. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa sebagian UMKM tidak melakukan pencatatan administrasi dengan baik, sehingga UMKM sering keliru pada proses produksi. UMKM berkeinginan untuk dapat melakukan pencatatan adminstrasi yang baik. Untuk itu dirancang sistem informasi produksi yang dapat dapat menyimpan data konsumen, dapat mencatat pesanan sekaligus melakukan pengecekan kemampuan produksi untuk pesanan tersebut. Selain itu dengan sistem yang baru pemilik dapat mengetahui jadwal produksi sesuai tanggal pengambilan, mengetahui stok barang (kerupuk) dan bahan baku, melihat detail pemesan (nama, asal daerah, tanggal pemesanan, tanggal pengambilan, jenis dan jumlah kerupuk), dan jumlah kelebihan kerupuk. Dengan sistem ini UMKM dapat melihat status pembayaran, apakah pelanggan sudah membayar lunas atau kurang bayar, jika kurang bayar akan terlihat berapa kekurangan yang harus dibayar pelanggan.

References

[1] http://bisnis.liputan6.com. 28 Februari 2016. Diunduh 15 November 2017.

[2] Wirjono, E.R., dkk. (2012). Survei Pemahaman dan Pemanfaatan Informasi Akuntansi dalam Usaha Kecil Menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta. AUDI: Jurnal Akuntansi & Bisnis, Vol. 7, No. 2, Juli 2012.

[3] Rifani, L., dkk. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil Menengah Kampung Kue Rungkut Surabaya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO).

[4] Astuti, M., dkk (2013). Peningkatan Produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis Technology Content untuk Mendukung Pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

[5] https://www.slideshare.net/LNK961/sistem-informasi-produksi. Diunduh 15 Oktober 2017

[6] Muslihudin, M. dan Oktafianto (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: ANDI Offset.
Published
2018-01-09
Section
Articles