Penerapan Klasifikasi Bayes Untuk Memprediksi Jenis Latihan Siswa Pencak Silat (Studi Kasus Pencak Silat PSHT)

  • Tedy Setiadi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan
  • Jamaludin Jamaludin Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Confusion Matrix, Klasifikasi, Naive Bayes, Pencak Silat

Abstract

Perguruan Pencak Silat PSHT saat ini memiliki ratusan siswa dengan berbagai latar belakang dan kemampuan yang berbeda. Selama ini pelatih dalam penentuan jenis latihan pencak silat di PSHT hanya menggunakan perkiraan intuisi semata, akibatnya sering terjadi ketidaksesuaian antara calon siswa dengan jenis latihan yang diikuti. Kondisi ini menyebabkan siswa sering tidak bisa maksimal dalam berlatih, disamping berdampak prestasi siswa tidak optimal dalam kompetisi. Dalam penelitian ini telah dikembangkan aplikasi untuk memprediksi jenis latihan siswa berdasarkan karakteristik yang sesuai menggunakan klasifikasi Naive Bayes. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pelatih dalam meningkatkan kemampuan siswa sesuai karakteristiknya sehingga mampu meningkatkan prestasinya. Hasil pengujian menggunakan confussion matrix, dengan 400 data training dan 20 data testing menghasilkan nilai presisi sebesar 95 %, nilai akurasi sebesar 95 % dan nilai recall sebesar 98%.

References

Ridwan, M. (2013). Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifer. Journal EECCIS, Vol. 7, No.1, Juni 2013.

Meilani, B.D. & Susanti, N. (2015). Aplikasi Data Mining Untuk Menghasilkan Pola Kelulusan Siswa Dengan Metode Naive Bayes. Journal Ilmiah NERO, Vol. 1, No. 3.

Fithri, D.L. (2015). Model Data Mining Dalam Penentuan Kelayakan Pemilihan Tempat Tinggal Menggunakan Metode Naive Bayes. Journal SIMETRIS, Vol. 7 No. 2, November 2015.

Harahap, E.H. (2017). Implementasi Algoritma Support Vector Machine (SVM) Untuk Penentuan Seleksi Atlet Pencak Silat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 10, Oktober 2017, Hal. 3843-3848.

Rainarli, E. Perbandingan Simple Logistic Classifier dengan Support Vector Machine dalam Memprediksi Kemenangan Atlet. (2017). Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol. 3, No. 2, Oktober 2017.

Prasetyo, E. (2013). Data Mining–Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Saputra, R.A. (2014). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Prediksi Penyakit Tuberculosis. Swabumi, V, September 2014.

Published
2018-07-05
Section
Articles