Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing

Authors

  • Vederico Pitsalitz Sabandar Magister Teknik Informatika, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Harry Budi Santoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.81

Keywords:

Efektivitas, Efisiensi, Kepuasan Pengguna, Rekomendasi, System Usability Scale (SUS), Usability

Abstract

Dalam mengembangkan suatu sistem, suatu prinsip utama yang dijadikan ukuran keberhasilan dari sistem tersebut ialah usability. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar (AMPSD) serta memperoleh rekomendasi guna pengembangan selanjutnya. Evaluasi yang dilakukan, berfokus pada aspek usability yang terdiri dari efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Selanjutnya, rekomendasi yang diperoleh kemudian disusun menggunakan prinsip desain interaksi. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dengan target pengujian terdiri dari kelompok dosen dan mahasiswa sebanyak 30 responden. Selanjutnya, untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna, digunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi yang dilakukan, menunjukkan bahwa AMPSD telah memenuhi tiga aspek usability, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil analisis terhadap tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan aplikasi menunjukkan bahwa baik pada kelompok dosen maupun mahasiswa, sukses (tidak mengalami kegagalan) dalam menyelesaikan tugas dengan lamanya waktu yang dibutuhkan dikategorikan sangat cepat. Selanjutnya, hasil analisis terhadap tingkat kepuasan pengguna menggunakan kuesioner SUS, menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat diterima (acceptable). Rekomendasi yang diperoleh yaitu terkait dengan tampilan interface dan konten yang terdapat pada halaman beranda, game education, dan materi, dimana perlu dirancang kembali agar lebih memudahkan user dan tidak menimbulkan kejenuhan selama menggunakan aplikasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Satria, A. & Niswatin, R. K. (2017). Android Mobile Application Untuk Kamus Pepak Bahasa Jawa.Generation Journal, 1(1).

Nugroho, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknik Elektornika Dasar di SMK Negeri 1 Bansari Temanggung. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika.

Vebrianto, R., & Osman, K. (2011). The Effect Of Multiple Media Instruction In Improving Students’ Science Process Skill And Achievement. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15 (2011), 346 — 350.

Handiwidjojo, W. & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). JUISI, 2(1).

Joo, S., Lin, S., & Lu, K.. (2011). A Usability Evaluation Model for Academic Library Websites: Efficiency, Effectiveness and Learnability. Journal of Library and Information Studies, 9(2), 11-26.

Nurhadryani, Y., Sianturi, S.K., Hermadi, I., & Husnul, K. (2013). Usability Testing to Enhance Mobile Application User Interface. Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika, 2(2), 83 — 93.

Rubin, J. & Chisnell, D. (2008). Usability Testing: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests (2nd ed). Indianapolis: Wiley Publishing.

Usability.gov. (n.d). What & Why of Usability: Usability Evaluation Basics. Diakses dari: https://www.usability.gov/what-and-why/usability-evaluation.html.

Usability First. (nd). Usability Testing. Diakses dari: http://www.usabilityfirst.com/usability-methods/usability-testing/.

Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK, Departemen Pendidikan Nasional.

Shneiderman, B. & Plaisant, C. (2010). Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction (5th ed). MA: Addison-Wesley.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sharfina, Z. & Santoso, H. B. (2016). An Indonesian Adaptation of the System Usability Scale (SUS). ICACSIS.

Nielsen, N. (2001). Success Rate: The Simplest Usability Metric. Diakses dari: https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplest-usability-metric/.

Ayu, P.D.W. (2017). Analisis Pengukuran Tingkat Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Manajemen Surat STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika, 11(2).

Mifsud, J. (2011). Usability Metrics — A Guide To Quantify The Usability Of Any System. Diakses dari: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/.

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 4(3), 114 — 123.

Rahadi, D.R. (2014). Pengukuran Usability Sistem menggunakan USE Questionnaire pada Aplikasi Android. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 1(6).

Downloads

Published

2018-07-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing. (2018). Teknika, 7(1), 50-59. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.81