Perhitungan Jarak Nyata Antara Dua Objek Pada Suatu Foto Dengan Metode Edge Detection

  • Vincentius Riandaru Prasetyo Jurusan Teknik Informatika, Universitas Surabaya
Keywords: Edge Detection, Foto, Sobel, Tree

Abstract

Gambar adalah sebuah artefak yang menggambarkan atau merekam persepsi visual. Gambar juga dapat diartikan sebagai pemetaan objek 3D ke media tertentu. Banyak informasi dapat ditemukan dari foto, misalnya: model kamera, perangkat lunak yang digunakan, kedalaman foto, fokus kamera, dan sebagainya. Ada beberapa informasi yang tidak dapat ditemukan dalam foto, yaitu jarak nyata antara objek dalam foto dan posisi kamera, dan jarak nyata antara 2 objek dalam foto. Sistem yang dibangun berguna untuk menghitung jarak nyata antara objek di foto dengan posisi kamera dan juga jarak nyata antara 2 objek pada suatu foto. Struktur data tree digunakan untuk menyimpan nilai-nilai abu-abu (hasil rata-rata nilai merah, hijau, dan biru). Edge detection dengan operator Sobel digunakan sebagai metode utama untuk mendapatkan margin (atas, bawah, kiri, dan kanan) dari objek dalam foto.

References

Putri, A. R. (2016). Pengolahan Citra Dengan Menggunakan Web Cam Pada Kendaraan Bergerak Di Jalan Raya, Jurnal Ilmiah Pendidikan Informatika, Vol. 1, No. 1, Hal. 1-6.

Royce, E., Timotius, I. K., dan Setyawan, I. (2012). Sistem Pendeteksi Senyum Berdasarkan Metode Edge Detection, Histogram Equalization, Dan Nearest Neighbor, Jurnal Ilmiah Elektroteknika, Vol. 11, No. 1, Hal. 75-82.

Mulyawan, H., Samsono, M. Z. H., dan Setiawardhana. (2011). Identifikasi Dan Tracking Objek Berbasis Image Processing Secara Real Time, Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Setiawan, R dan Bornok, M. B. (2015). Estetika Fotografi. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Rosmala, D dan Kresna, G. (2012). Implementasi Algoritma Binary Tree Pada Sistem Informasi Multilevel Marketing, Jurnal Informatika, Vol. 3, No.3, Hal. 39-47.

Sukatmi. (2017). Perbandingan Deteksi Tepi Citra Digital dengan Metode Prewitt, Sobel dan Canny, Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, Vol. 01, No. 01, Hal. 1-4.

Wijaya, E. (2012). Analisis Intensitas Metode Pendeteksian Tepi Sobel, Jurnal Komputer dan Informatika, Edisi. I, Vol. 1, Hal. 25-27.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak), Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. IV, No. 2, Hal. 107-116.

Suryasari, Callista, A., dan Sari, J. (2012). Rancangan Aplikasi Customer Service Pada PT. Lancar Makmur Bersama, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 4, No. 2, Hal. 468-476.

Urva, G dan Siregar, H. F. (2015). Permodelan UML E-Marketing Minyak Goreng, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, Vol. 1, No. 2, Hal. 92-101.

Published
2018-07-05
Section
Articles