Analisis Hasil Implementasi Konsep Context-Aware Pada Aplikasi Mobile Family Tracking Untuk Platform Android

  • Agustian Agustian Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Caltex Riau
  • Anggy Trisnadoli Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Caltex Riau
Keywords: Android, Context-Aware, Firebase, ISO 9126-2, Performance Testing

Abstract

Pada bulan Juni 2017, dilakukan survei terhadap 44 orang tua yang bekerja dan pengguna smartphone di Pekanbaru, diketahui bahwa orang tua membutuhkan aplikasi untuk memantau keberadaan anak, namun belum ada orang tua yang menggunakannya. Pada penelitian ini dikembangkan aplikasi yang dapat memantau keberadaan anggota keluarga yang menerapkan konsep Context-Aware dimana penalaran yang digunakan adalah rules. Ada 3 rules yang digunakan dimana ketika rules terpenuhi maka akan memunculkan notifikasi kepada pengguna. Aplikasi ini dikembangkan pada platform Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, IDE Android Studio, dan Firebase sebagai database. Dilakukan 3 pengujian pada penelitian ini, pertama pengujian fungsionalitas yang dilakukan dengan metode blackbox dengan mengacu pada standar ISO 9126-2, dimana diperoleh bahwa aplikasi berfungsi dengan benar, diimplementasikan sesuai spesifikasi, dan fitur sesuai dengan tugasnya yang artinya secara fungsional aplikasi sudah berkualitas baik. Kedua adalah pengujian aplikasi kepada 5 keluarga untuk membuktikan context-aware berjalan semestinya. Dari hasil uji context-aware yang dilakukan diperoleh bahwa context-aware sudah berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan notifikasi yang sesuai dengan rules context-aware dan setiap keluarga dapat memantau lokasi dan waktu kegiatan setiap anggota keluarga secara realtime. Ketiga adalah pengujian performansi, dimana diperoleh bahwa semakin banyak aktivitas dikerjakan semakin besar memori digunakan. Penggunaan CPU tidak bergantung pada aktivitas dan penggunaan data pada aktivitas yang sudah pernah berjalan akan lebih kecil dibanding pertama kali dijalankan.

References

Kusuma, W. & Septiani, T. (2013). Aplikasi Friend Tracker Berbasis Android Smartphone Menggunakan GPS Tracking. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Vol. 20, pp. 13-18. Yogyakarta.

Wahyudi, A, Andjarwirawan, J. & Handojo, A. (2013). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Tracker Position Dan Alert Pada Mobile Device Berbasis Android Yang Dapat Dipantau Via Website. Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Kurniawan, M.I. (2016). Rancang Bangun Perangkat Lunak GPS Based Location Tracker Pada Platform Android Untuk Pelacakan Lokasi Sales PT . Meliana Perkasa. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro.

Segara, R. & Subari. (2017). Sistem Pemantauan Lokasi Anak Menggunakan Metode Geofencing pada Platform Android. Teknologi & Manajemen Informatika, Vol. 3, pp. 17-35.

Schilit, B.N., Adams, N. & Want, R. (1994). Context-Aware Computing Applications. International Workshop on Mobile Computing Systems and Applications, pp. 85-90.

Abowd, G.D., Dey, A.K., Brown, P.J., Davies, N., Smith, M. & Steggles, P. (2000). Towards a Better Understanding of Context and Context-awareness. Handheld and Ubiquitous Computing. Berlin: Springer Berlin Heidelberg.

Firebase. (2017). Firebase 2017. Diakses dari: https://firebase.google.com/ pada tanggal 19 Mei 2017.

Trisnadoli, A. & Lestari, I (2017). Software requirement analysis of “family tracking mobile application” on cross platform with hybrid approach. International Conference on Data and Software Engineering (ICoDSE).

Lestari, I., & Tisnadoli, A. (2017). Usulan Model Kualitas Aplikasi Context Aware Mobile: Family Tracking pada Hybrid-Cross Platform. Jurnal Komputer Terapan, Vol. 3, pp. 261-270. Pekanbaru.

Published
2018-07-05
Section
Articles