Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis

Authors

  • Alexander Wirapraja Program Studi Manajemen, STIE IBMT
  • Handy Aribowo Program Studi Manajemen, STIE IBMT

DOI:

https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.86

Keywords:

E-Commerce, Inovasi Bisnis, Internet, Sustainability

Abstract

Proses peralihan bisnis dari konvensional menjadi digital menyebabkan perusahaan perlu memikirkan langkah strategis untuk membuat bagaimana proses bisnis yang ada di dalamya menjadi keberlanjutan. Salah satu caranya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi pada bidang pemasaran yang mengubah cara pengerjaan suatu pekerjaan dari cara konvensional mengarah kepada teknologi digital dengan memanfaatkan e-commerce. Pertumbuhan pengguna internet yang semakin pesat pada tahun 2017 sebesar 143,26 juta juga menjadi faktor utama pergeseran perilaku belanja masyarakat menjadi lebih dinamis, dimana konsumen menginginkan distribusi produk yang lebih cepat dengan hasil yang lebih baik. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan konseptual, yaitu metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan potensi pasar, perubahan perilaku konsumen dan bagaimana memanfaatkan teknologi e-commerce sebagai solusi alternatif dalam melakukan inovasi pada strategi pemasaran dengan tujuan untuk menjaring potensi pasar yang lebih besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII. (2017). Infografis: Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJII.

Razdan, R., Dias, M. & Sohoni, A. (2013). The Evolving Indonesian Consumer. Jakarta: McKinsey Quartely - Asia Consumer Insight Center.

IPrice. Kilas Balik E-Commerce Indonesia Tahun 2017. https://iprice.co.id/trend/insights/kilas-balik-e-commerce-indonesia-2017/ diakses pada tanggal 15 April 2018 pukul 13.00 WIB

Laudon, K.C. (2008). E-Commerce: Business Technology, Society 13 th. United Kingdom: Pearson.

McLeod, R. (2008). Sistem Informasi Manajemen, 10 th. Jakarta : Salemba Empat.

Supriyanto. (2008). Teknik Informasi & Komunikasi SMP kelas VII. Yogyakarta: Yudhistira.

IAII. Memasuki Era Internet of Things. http://iaii.or.id/read.html?id=160&title=Indonesia Memasuki Era Internet of Things diakses pada tanggal 17 April 2017 pukul 09.30 WIB.

Kroenke, D.M. & Boyle, R.J. (2017). Experincing MIS: Global Edition 7 Th. United Kingdom: Pearson.

Svenson, G. & Wagner, B. (2011). Transformative Business Sustainability. Multilayer Model and Network of EFootprint Sources. European Business Review, Vol. 23, pp 334-352.

Cory Searcy. (2011). Updating Corporate Sustainability Performance Measurement Systems. Measuring Business Excellence, Vol. 15 Issue 2, pp. 44-56.

KBBI. (2005). Kamus Besar Bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kuncoro, A. (2018). Ekonomi Digital, Inovasi, dan Perilaku Konsumsi. Seminar Nasional Economic Outlook 2018 Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Wilayah Jawa Timur 10 Januari 2018. Jawa Timur: Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia.

Stephen, R.P. (1994). Management. United Kingdom: Prentice Hall.

Kotler, P. (2018). Principles of Marketing: Global Edition. United Kingdom: Pearson.

Creswell, J.W. (2010). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 3th. Yogyakarta.

Jesson, J., Matheson, L., & Lacey, F.M. (2011). Doing Your Literature Review: Traditional and Systematic Techniques. London: SAGE Publications.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kominfo. Hingga 2020 bisnis E-comemrce Indonesia diprediksi capai Rp. 1800T. https://kominfo.go.id/content/detail/12909/hingga-2020-bisnis-e-commerce-indonesia-diprediksi-capai-rp-1800-t/0/sorotan_media. diakses pada tanggal 24 Mei 2018 pukul 13.00 WIB.

Cornell University, INSEAD & WIPO. (2017). The Global Innovation Index 2017: Innovation Feeding The World.Geneva. Switzerland: Cornell University, INSEAD, and the World Intellectual.

Fontana, A. (2011). Innovate We can! Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai. Bekasi: Cipta Inovasi Sejahtera.

Environmental Science. Three Pilars of Sustainability. https://www.environmentalscience.org/sustainability diakses pada tanggal 23 April 2018 pukul 18.30 WIB.

Downloads

Published

2018-07-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. (2018). Teknika, 7(1), 66-72. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.86