Peningkatan Daya Saing Produk Olahan Jamur KWT Rumah Jamur Takalar Melalui Penerapan Manajemen Pemasaran dan Inovasi Kemasan
DOI:
https://doi.org/10.34148/komatika.v5i1.1074Keywords:
community empowerment, SMEs, digital marketing, packaging innovation, mushroomAbstract
Kelompok Wanita Tani (KWT) Rumah Jamur Takalar menghadapi tantangan dalam pemasaran dan kemasan produk olahan jamur mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan daya saing produk melalui penerapan manajemen pemasaran dan inovasi kemasan. Program dilaksanakan selama tahun anggaran 2024. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi program, pelatihan manajemen pemasaran digital dan inovasi kemasan, pengembangan website, redesain kemasan produk, serta pendampingan dan evaluasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam visibilitas produk melalui website www.rumahjamurtakalar.com, peningkatan daya tarik kemasan, dan pemahaman anggota KWT tentang strategi pemasaran digital. Sebanyak 87% peserta melaporkan peningkatan pemahaman tentang pentingnya kemasan dan manfaat website untuk pemasaran. Program ini berhasil meningkatkan daya saing produk KWT Rumah Jamur Takalar dan berpotensi menjadi model pemberdayaan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.