Workshop Pelatihan Learning Management System Secara Online Dengan Menggunakan Google Classroom Untuk Guru SMAK St. Albertus, Malang.

  • Rizky Basatha Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia Surabaya, Jawa Timur
  • David Saputra Octadianto Soedargo Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia Surabaya, Jawa Timur
  • Alexander Wirapraja Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia Surabaya, Jawa Timur
Keywords: LMS, Google Classroom, SMA, Pelatihan

Abstract

Proses pembelajaran adalah salah satu aspek yang terdampak perkembangan teknologi, seorang guru dituntut tidak hanya mampu menyampaikan materi dengan baik tapi sekaligus juga menjadi fasilitator yang baik dalam menyampaikan materi sebagai bentuk proses pembejaran yang efektif dan efisien, kendala dari permasalahan pembelajaran konvensional dapat diatasi dengan menyediakan sarana pembelajaran yang baik dan fleksibel menggunakan aplikasi berbasis Learning Management System (LMS), dalam proses pengabdian masyarakat dilakukan proses pelatihan kepada para guru SMA dari SMAK St. Albertus Malang dan fasilitator dari pelatihan ini adalah dosen Institut Informatika Indonesia, pada pelatihan ini menggunakan metode interaktif dan praktek langsung dengan menggunakan salah satu aplikasi LMS yaitu Google Classroom. Aplikasi ini dipilih karena mudah digunakan dan telah dikenal secara umum, selain pelatihan dengan menggunakan Google Classroom, para peserta juga dibekali dengan pengetahuan umum tentang fitur dan fasilitas google lainnya, hasil dari pelatihan ini adalah adanya penambahan wawasan baru yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran dikelas dan meningkatkan interaksi antara para guru dan murid sehingga kualitas pembelajaran pada kelas tersebut menjadi lebih baik.

Published
2021-06-24
How to Cite
Basatha, R., Soedargo, D. S. O., & Wirapraja, A. (2021). Workshop Pelatihan Learning Management System Secara Online Dengan Menggunakan Google Classroom Untuk Guru SMAK St. Albertus, Malang. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-28. https://doi.org/10.34148/komatika.v1i1.369
Section
Articles