Pelatihan dan pendampingan guru dalam pembuatan media pembelajaran interaktif

  • Moh. Syadidul Itqan Universitas Nurul Jadid
  • Noer Vaidah Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Siti Fatimah Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Novita Rohaenti Universitas Nurul Jadid Probolinggo
Keywords: Training, Skills, Media, Multimedia, Interactive

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan selama masa pandemi covid-19 oleh MAN 1 Probolinggo menggunakan model pembelajaran tatap muka terbatas. Metode pembelajaran konvensional yang masih digunakan oleh sebagian Guru MAN 1 Probolinggo membuat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mmemberikan peningkatan dalam : (1) kemampuan guru dalam mendesain media pembelajaran interaktif berbasis komputer; (2) kemampuan guru melaksanakan, melatih, serta merespon guru MAN 1 Probolinggo dalam program ini, meliputi pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis komputer. Metode pelaksanaan kegiatan PkM ini yaitu metode deskrptif. Tahapan pelaksanaan program yang digunakan yaitu sosialisasi, pematerian, pelatihan, pendampingan, serta evaluasi. Program PkM dilaksanakan dalam 5 kali tatap muka, tatap muka pertama kegiatan penyajian materi, serta tatap muka kedua berupa pendampingan pembuatan media pembelajaran sampai selesai, dan kegiatan penutup dilaksanakan evaluasi yang berupa kegiatan peserta mendeskripsikan media pembelajaran yang sudah dikembangkan serta tanggapan Guru MAN 1 Probolinggo terhadap pelatihan melalui pengisian angket. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah telah dihasilkan beberapa media pembelajaran oleh Guru MAN 1 Probolinggo. Selain itu, Peserta program PkM ini menyatakan bahwa peserta tertarik mengembangkan media pembelajaran berbasis android.

Published
2022-12-14
How to Cite
Itqan, M. S., Vaidah, N., Fatimah, S., & Rohaenti, N. (2022). Pelatihan dan pendampingan guru dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 39-43. https://doi.org/10.34148/komatika.v2i2.568
Section
Articles