Pelatihan Digital Marketing dan Copywriting untuk Meningkatkan Promosi Homestay di Desa Pecatu
DOI:
https://doi.org/10.34148/komatika.v3i1.614Keywords:
Digital Marketing, Homestay, Promosi, Desa PecatuAbstract
Pemasaran digital telah menjadi strategi pemasaran yang sangat berpengaruh di era digital saat ini. Dalam menerapkan teknik pemasaran digital pada homestay di Desa Pecatu, Badung, pengelola homestay menghadapi beberapa tantangan, terutama yang berkaitan dengan bahasa asing, penulisan iklan yang menarik dalam bahasa Inggris, dan pemahaman mengenai indikator kinerja dalam pemasaran digital seperti analisis data pada media sosial (Instagram dan Facebook / Meta). Oleh karena itu, tujuan dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Jurusan Pariwisata, Program studi Manajemen Bisnis Pariwisata di Politeknik Negeri Bali adalah untuk menganalisis tantangan tersebut, mengevaluasi dan improvisasi upaya yang sudah dilakukan oleh pengelola homestay dalam mengatasi masalah tersebut. Pendekatan Focus Group Discussion (FGD) digunakan dalam penelitian ini guna mendapatkan kesamaan masalah yang dialami dengan melibatkan pengelola homestay sebagai partisipan. Hasil FGD menunjukkan bahwa pengelola homestay telah menggunakan media sosial, situs web, dan aplikasi pemesanan online atau Online Travel Agents (OTA) untuk mempromosikan homestay mereka, namun masih menghadapi kesulitan dalam menyampaikan pesan secara efektif dan menarik bagi calon tamu. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kemampuan bahasa dan strategi pemasaran digital yang lebih efektif untuk meningkatkan efektivitas promosi homestay di Desa Pecatu.