Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Kreativitas Kaligrafi Bagi Anak-Anak

  • Dian Herdiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdul Rasyid Usemahu UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alivia Giovania UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisa Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Azkya Maulana Sidiq UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dinda Fiachsania Maharani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Anak-anak, Kaligrafi, Moderasi Beragama, Kreativitas

Abstract

Artikel ini menjelaskan mengenai kegiatan sosialisasi nilai-nilai moderasi beragama yang dilakukan kepada anak-anak melalui pelatihan kreativitas kaligrafi dengan tujuan agar anak-anak memahami nilai-nilai moderasi beragama sedari usia dini, sehingga memiliki jiwa toleransi dan menghormati setiap perbedaan yang ada di lingkungannya. Metode yang digunakan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi yang mana antara satu tahap dengan tahap lainnya saling berhubungan. Hasil kegiatan menunjukan bahwa anak-anak memahami nilai-nilai moderasi beragama yang telah diajarkan serta mereka aktif untuk ikut berpartisipasi dalam membuat kaligrafi sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Sebagai bentuk apresiasi di akhir kegiatan diberikan hadiah bagi anak-anak yang mampu membuat kaligrafi yang dinilai baik. Kegiatan seperti ini perlu terus dilaksanakan guna menumbuhkan sikap moderasi beragama anak-anak yang mana akan diperlukan nantinya dalam melakukan interaksi dengan anak-anak lainnya yang memiliki latar belakang agama yang berbeda, sehingga mampu bersikap toleran dan menghargai perbedaan

Published
2024-01-10
How to Cite
Herdiana, D., Usemahu, A. R., Giovania, A., Rahmawati, A., Sidiq, A. M., & Maharani, D. F. (2024). Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Kreativitas Kaligrafi Bagi Anak-Anak. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-40. https://doi.org/10.34148/komatika.v3i2.628
Section
Articles