Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Media Sosial X Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v13i3.1006Keywords:
Kepuasan Pengguna, Media Sosial, X, Twitter, End User Computing Satisfaction (EUCS)Abstract
Aplikasi media sosial adalah salah satu teknologi berbasis internet yang menghubungkan masyarakat dalam mengekspresikan diri, melakukan kolaborasi, dan menyebarkan serta memperoleh data informasi secara digital. Beberapa tahun belakangan ini, aplikasi media sosial Twitter menuai kontroversi akibat diakuisisi dan melakukan rebranding menjadi X dimana merupakan aplikasi microblogging yang memungkinkan penggunanya dalam mengunggah status atau opini terkait suatu objek atau fenomena, menyiarkan berita, periklanan, hingga isu politik. Sampai saat ini, X belum diketahui telah terbukti mampu memberikan kepuasan terhadap penggunanya dimana akan bermanfaat apabila hal tersebut dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tingkat kepuasan pengguna aplikasi media sosial X dengan End-User Computing Satisfaction (EUCS) sebagai teori dan model penelitian. Metodologi dari penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 384 responden. Data dari responden diolah dan dianalisa dengan bantuan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan responden pengguna aplikasi media sosial X merasakan kepuasan yang cukup baik dimana setiap faktor dari EUCS yaitu konten, akurasi, tampilan, kemudahan penggunaan, serta ketepatan waktu secara signifikan dan parsial mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi media sosial X.
Downloads
References
W. Mohammad and N. R. Maulidiyah, “Pengaruh Akses Internet Terhadap Aspek Kualitas Kehidupan Masyarakat Indonesia,” TriwikramaJurnal Multidisiplin Ilmu Sos., vol. 01, no. 02, pp. 30–45, 2023.
B. Frederick and A. Krisna Maharani, “Eksistensi Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Penelit. Pendidik. Sos. Hum., vol. 6, no. 2, pp. 75–76, 2021, [Online]. Available: https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/986
R. S. N. Retia Kartika Dewi, “Elon Musk Resmi Beli Twitter Rp 685 T, Langsung Pecat CEO dan CFO,” Kompas.com, Oct. 2022. [Online]. Available: https://www.kompas.com/tren/read/2022/10/28/084308565/elon-musk-resmi-beli-twitter-rp-685-t-langsung-pecat-ceo-dan-cfo?page=all
R. Anggraeni, “Analisis Perbandingan Sentiment dan Perbincangan Netizen Terhadap Twitter Pasca Pergantian Nama,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 1, pp. 360–367, 2024.
“Sumber Data Yang Bertanggung Jawab,” Sensor Tower. https://sensortower.com/responsibly-sourced-data
N. A. O. Saputri and A. Alvin, “Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 154–162, 2020, doi: 10.33557/journalisi.v2i1.43.
F. A. Artanto, H. H. Kusumawardhani, A. Khoirruchim, and G. Himawan, “End User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Analisis Kepuasan Penggunaan Website Openlearning,” Teknomatika, vol. 13, no. 01, pp. 13–21, 2023, [Online]. Available: https://openlearning.com/,
T. Yusuf, R. Ar-Rasyid, B. T. Hanggara, and A. Rachmadi, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website Beasiswa Universitas Brawijaya Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 6, pp. 2308–2317, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128
B. A. R. Tulodo and A. Solichin, “Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.),” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1, pp. 25–43, 2019.
A. Y. Kuntoro, M. A. Hasan, D. D. Saputra, and D. Riana, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Fixpay Menggunakan SEM Dengan PLS,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 122–133, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i1.5527.
M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas BiSugandi,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 143, 2020.
W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction End-User Satisfaction The Measurement of End-User Computing Satisfaction Professor of MIS and Strategic Management The University of Toledo Gholamreza Torkzadeh Assistant Professor of Information Systems,” Manag. Inf. Syst. Res. Center, Univ. Minnesota, vol. 12, no. 2, pp. 259–274, 1988, [Online]. Available: http://www.jstor.org/stable/248851%0Ahttp://www.jstor.org/page/info/about/policies/terms.jsp%0Ahttp://www.jstor.org
K. S. Taber, “The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education,” Res. Sci. Educ., vol. 48, no. 6, pp. 1273–1296, 2018, doi: 10.1007/s11165-016-9602-2.
B. Darma, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, uji F, R2). 2021.
D. K. Pramudito, S. Arijanti, A. Yanto RUkmana, D. S. Oetomo, and K. Kraugusteeliana, “The Implementation of End User Computing Satisfaction and Delone & Mclean Model to Analyze User Satisfaction of M.TIX Application,” J. Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 3, pp. 7–12, 2023, doi: 10.60083/jidt.v5i3.383.
N. M. Marliza Tiara, N. Rizky Oktadini, P. Putra, P. Eka Sevtiyuni, and A. Meiriza, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Netflix Mobile di Kota Palembang Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 7, no. 1, pp. 155–164, 2024, doi: 10.32493/jtsi.v7i1.37833.
G. Antoniou and N. Papoglou, “Business Intelligence & Analytics (BI&A) Systems : Measuring End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Dep. Informatics, 2015.
J. E. Bailey and S. W. Pearson, “Development of a Tool for Measuring and Analyzing Computer User Satisfaction,” Manage. Sci., vol. 29, no. 5, pp. 530–545, 1983, doi: 10.1287/mnsc.29.5.530.
K. Sanders, “Media Review: Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches,” J. Mix. Methods Res., vol. 13, no. 2, pp. 263–265, 2019, doi: 10.1177/1558689817751775.
N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian,” J. Pilar, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.
M. Balnaves and P. Caputi, Introduction to Quantitative Research Methods. 2016. doi: 10.4135/9781849209380.
S. K. L. S. Lemeshow, “Sample Size Determination in Health Studies: A Practical ManuaL,” J. Am. Stat. Assoc., vol. 86, no. 416, p. 1149, 1991, doi: 10.2307/2290547.
W. J. Doll, X. Deng, T. S. Raghunathan, G. Torkzadeh, and W. Xia, “The Meaning and Measurement of User Satisfaction : A Multigroup Invariance Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 21, no. 1, pp. 227–262, 2004, doi: 10.1080/07421222.2004.11045789.
rahayu deny danar dan alvi furwanti Alwie, A. B. Prasetio, R. Andespa, P. N. Lhokseumawe, and K. Pengantar, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi TikTok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Ekon. Vol. 18, Nomor 1 Maret201, vol. 2, no. 1, pp. 41–49, 2020.
W. Rezalina, F. N. Salisah, Angraini, and M. R. Munzir, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna SIAM Poltekkes Riau Menggunakan Metode EUCS,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 117–128, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/3950
A. Yudistira and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 176–188, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i2.3059.
H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i2.1375.
E. Istianah and W. Yustanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Jenius Dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) Berdasarkan Perspektif Pengguna,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 4, pp. 36–44, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47882.
Wiyanie Putri, “Penyalahgunaan Aplikasi X Sebagai Media Akses Konten Pornografi,” KALBISOCIO J. Bisnis dan Komun., vol. 11, no. 1, 2024, doi: 10.53008/kalbisocio.v11i1.3264.
E. Arribe, A. Aryanto, and S. Aulia, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Signal Nasional Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus : Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau (BAPENDA),” J. Softw. Eng. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 86–95, 2021, doi: 10.37859/seis.v2i1.3377.