Penggunaan Nilai dan Vektor Eigen Untuk Menentukan Prioritas Faktor-Faktor Penentu Pemilihan Tempat Makan (Restoran)

  • Erick Pranata Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya
  • Tjwanda Putera Gunawan Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya
Keywords: Nilai Eigen, Tempat Makan, Vector Eigen

Abstract

Dalam memilih tempat makan (restoran) banyak faktor yang harus dipertimbangkan, antara lain harga, rasa, kuantitas (porsi), dekor ruangan, jarak, kepemilikan (misal milik saudara atau teman), tempat parkir yang luas, dan pelayanan (service) yang ramah. Diantara semua faktor tersebut, bagi mahasiswa-mahasiswi suatu perguruan tinggi, faktor harga, rasa, pelayanan, dan jarak yang paling dominan untuk dipertimbangkan dalam membuat keputusan akan makan dimana baik saat makan sendiri maupun bersama teman-teman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui diantara keempat faktor di atas (harga, rasa, pelayanan, dan jarak) mana yang paling dipilih oleh mahasiswa-mahasiswi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner yang berisi perbandingan antara faktor yang satu dengan yang lain, misal antara faktor harga dan rasa atau faktor pelayanan dan jarak dan seterusnya. Responden memberikan faktor mana yang dipilih dan juga memberikan bobot untuk setiap pilihan. Kemudian dihitung Nilai Eigen dan keputusan yang diambil berdasarkan vektor Eigen yang dinormalkan yang merupakan rata-rata dari nilai Eigen tiap faktor terhadap faktor yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Getut. (2014). Matriks Gramian dan Matriks Definit Positif. Diakses dari: http://getut.staff.uns.ac.id/files/.

Leon, S.J. (1998). Aljabar Linear dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Anton, H. (2000). Dasar-dasar Aljabar Linear Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Penerbit Interaksa.

Yess24. (2010). Bab 5 Eigen. Diakses dari: https://yess24.files.wordpress.com/2010/05/Bab_5_eigen.doc

Prasetyo, E. (2010). Analytic Hierarchy Process (AHP). Diakses dari: https://myteks.wordpress.com/2010/02/01/

Hafiyusholeh, M., Asyhar, A.H., Komaria, R. (2015). Penggunaan Nilai Dan Vektor Eigen Untuk Memilih Tempat Kerja. Jurnal Matematika Mantik, Vol. 1, No. 1, Agustus 2015, pp. 6-16.

Published
2018-11-14
How to Cite
Pranata, E., & Gunawan, T. P. (2018). Penggunaan Nilai dan Vektor Eigen Untuk Menentukan Prioritas Faktor-Faktor Penentu Pemilihan Tempat Makan (Restoran). Teknika, 7(2), 148-151. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i2.119
Section
Articles