Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Mobile Untuk Mendiagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Persia

  • Aditya Sugih Pangestu Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur
  • Rinabi Tanamal Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur
Keywords: sistem pakar, forward chaining, decision tree, penyakit kulit kucing, kucing persia

Abstract

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, tentunya setiap manusia pasti pernah mengalami kesepian. Banyak orang cenderung memelihara hewan dengan tujuan untuk menghilangkan rasa kesepian tersebut. Salah satu hewan yang banyak dipelihara adalah kucing. Kucing merupakan hewan peliharaan yang cocok dipelihara dengan tujuan menemani kegiatan sehari-hari saat mempunyai waktu luang. Jenis kucing relatif sangat banyak, tetapi banyak orang yang lebih memilih memelihara kucing Persia karena kucing Persia lebih cocok hidup di dalam rumah, relatif tidak berisik, dan lebih mudah dikandangkan. Pada penelitian ini, penyakit yang diteliti hanya penyakit kulit pada kucing Persia. Setiap pemelihara tidak selalu mempunyai waktu luang dalam memperhatikan peliharaan mereka, terutama dalam hal kesehatan karena kurangnya informasi yang didapat. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan membantu para pemelihara untuk selalu memperhatikan kesehatan kucing peliharaan mereka dengan menggunakan aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit kulit pada kucing Persia berbasis mobile. Sistem dibuat dengan menggunakan Thunkable yang merupakan software apps builder untuk membuat aplikasi Android dan iOS tanpa harus melakukan coding di mana user hanya perlu melakukan drag and drop sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Aplikasi sistem pakar ini dibangun dengan Decision Tree untuk mendapatkan keputusan, kemudian dirancang dengan mesin inferensi menggunakan forward chaining sebagai metode untuk menarik kesimpulan dari keputusan yang ada. Untuk mendapatkan suatu keputusan, diperlukan knowledge dari pakar yang ahli pada bidang kesehatan hewan dengan cara melakukan wawancara secara intensif untuk mendapatkan data yang lengkap dan akurat. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa aplikasi Meow'Diagnosis berjalan dengan baik dan berguna untuk mendiagnosis penyakit kulit kucing Persia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ICA. (2019). Indonesian Cat Association. Diakses dari http://ica.or.id/ pada tanggal 12 Desember 2019.

Suwed, M.A., & Napitupulu, R.M. (2015). Panduan Lengkap Kucing. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ramadhan, R., Astuti, I.F. & Cahyadi, D. (2017). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Persia Menggunakan Metode Certainty Factor. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Vol. 2(1), pp. 263-269.

Taridala, S., Yudono, A., Ramli, M.I. & Akil, A. (2017). Model Rule-Based Expert System For Fire Station Allocation Assessment: Applied In Kendari City, Indonesia. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol. 95(15), pp. 3479-3486.

Timbal, M.A. (2019). Analysis of Student-at-Risk of Dropping out (SARDO) Using Decision Tree: An Intelligent Predictive Model for Reduction. International Journal of Machine Learning and Computing, Vol. 9(3), pp. 273-278.

Prambudi, D.A., Widodo, C.E. & Widodo, A.P. (2017). Expert System Application of Forward Chaining and Certainty Factors Method for The Decision of Contraception Tools. The 2nd International Conference on Energy, Environmental and Information System (ICENIS 2017), E3S Web of Conference, Vol. 31, pp. 1-6.

McGoo. (2016). About ES-Builder Web. Diakses dari https://www.mcgoo.com.au/html/es-builderweb.php pada tanggal 21 Juni 2019.

Thunkable. (2019). Docs Thunkable. Diakses dari https://docs.thunkable.com/ pada tanggal 17 Oktober 2019.

Published
2020-11-02
How to Cite
Pangestu, A. S., & Tanamal, R. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Mobile Untuk Mendiagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Persia. Teknika, 9(2), 81-87. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.279
Section
Articles