Pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pengenalan Jenis Minuman Kopi

Authors

  • Edwin Meinardi Trianto Program Studi Manajemen Informatika, Institut Informatika Indonesia, Surabaya, Jawa Timur
  • Novi Tri Hariyanti Program Studi Manajemen Informatika, Institut Informatika Indonesia, Surabaya, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.296

Keywords:

augmented reality, media interaktif, kopi, unity, vuforia

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia. Kopi dapat dinikmati dengan banyak cara penyeduhan dan penambahan elemen lainnya, yang dapat menghasilkan cita rasa yang berbeda. Tumbuh pesatnya jumlah penikmat kopi baru tanpa disertai edukasi menyeluruh tentang varian rasa kopi membuat hanya sedikit penikmat kopi yang dapat mengenal dan mengapresiasi rasa kopi dengan cara yang berbeda. Media interaktif dirancang untuk mengenalkan banyak varian minuman kopi pada masyarakat. Untuk meningkatkan keterlibatan pengguna media interaktif, diterapkan teknologi Augmented Reality untuk memvisualisasikan pengenalan varian kopi. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran jelas terhadap jenis varian kopi agar mempermudah pengguna memahami informasi diberikan serta memberikan pengalaman visual learning yang lebih dalam. Aplikasi media interaktif ini memanfaatkan smartphone berbasis Android yang dikembangkan menggunakan Unity 3D dan Vuforia Qualcomm Augmented Reality Software Development Kit, serta menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk membantu analisis pengembangan sistem. Pengujian dilakukan dengan metode black box testing dan kuisioner yang menyimpulkan bahwa aplikasi Coffee AR ini dapat membantu mengenalkan varian menu minuman kopi secara interaktif. Hal ini dibuktikan dari hasil 30 responden yang menggunakan aplikasi Coffee AR.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol. 13(2), pp. 174-183. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8525

Aguston, R.L., Andika, H. & Trianto, E.M. (2017). Pemanfaatan Augmented Reality Pada Permainan Othello. Teknika, Vol. 5(1), pp. 1-9. https://doi.org/10.34148/teknika.v5i1.46

Craig, A.B. (2013). Understanding Augmented Reality: Concept and Applications. America: Morgan Kaufmann

Kaufmann, H. (2003). Collaborative Augmented Reality in Education. Education and Information Technologies.

Moldvaer, A. (2014). Coffee Obsession: More Than 100 Tools and Techniques with Inspirational Projects to Make. DK Publishing

Michelman, J. & Carlsen, Z. (2018). The New Rules of Coffee: A Modern Guide for Everyone. Ten Speed Press.

Morales, C. (2015). Developing Augmented Reality applications with Unity 3D and Vuforia. Indiana: AcademicBooks.

Okita, A. (2015). Learning C# Programming with Unity 3D. New York: CRC Press.

Kenneth, S. (2017). Data Analysis with IBM SPSS Statistics. Birmingham: Packt.

Downloads

Published

2020-11-04

How to Cite

Pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pengenalan Jenis Minuman Kopi. (2020). Teknika, 9(2), 106-112. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.296