Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298Keywords:
media sosial, instagram, cerita, storytelling, komunikasi, pemasaran digitalAbstract
Dunia sedang melakukan migrasi ke perangkat seluler pintar (Mobile device). Teknologi media digital, perangkat seluler, dan media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia. Media sosial adalah suatu wujud komunikasi elektronik di mana pengguna menciptakan komunitas online untuk saling menukar informasi, ide, pesan personal, video, maupun konten lainnya. Instagram adalah sebuah platform media sosial yang fokus pada pengambilan foto dan video dan memberikan pengguna sebuah pengalaman untuk mengabadikan dan berbagi momen hidup mereka dengan teman-temannya melalui serangkaian gambar dan filter yang dapat dimanipulasi. Dalam melakukan komunikasi konten pada media sosial Instagram, perlu adanya strategi untuk menghasilkan atau mengelola informasi tersebut menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai bagi follower. Cerita dan storytelling adalah dua sisi kompetensi yang penting dalam melakukan komunikasi bisnis. Storytelling membuat relasi dan hubungan antara organisasi dan konsumen akan semakin dekat. SociopreneurID menggunakan cerita dan storytelling sebagai media penyampaian dalam media sosial Instagramnya. Jangka waktu yang digunakan sebagai data dalam penelitian ini adalah data Instagram Insight dari SociopreneurID mulai dari bulan April-September 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskritif. Untuk melakukan analisis data, peneliti melakukan analisis berdasarkan data Instagram insight yaitu interaction, impression, reach dan profile visits. Penggunaan komunikasi dengan menggunakan cerita dan storytelling dapat meningkatkan jumlah reach, impression dan juga interaction bagi Instagram SocipreneurID. Organisasi harus mampu memanfaatkan media sosial dan storytelling untuk memberikan irisan yang senada dengan motivasi dan tujuan yang ingin disampaikan oleh organisasi terhadap penggunanya.
Downloads
References
We Are Social & Hootsuite. (2020a). Digital 2020. Global Digital Insights. Diakses dari: https://doi.org/https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-overview
We Are Social & Hootsuite. (2020b). Digital data Indonesia 2020. In Data Reportal. Diakses dari: https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-overview
Das, K., Gryseels, M., Sudhir, P. & Tan, K.T. (2016). Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity. McKinsey & Company.
Kaplan, A.M. (2015). Social Media, the Digital Revolution, and the Business of Media. JMM International Journal on Media Management, Vol. 17(4), pp. 197-199. Diakses dari: https://doi.org/10.1080/14241277.2015.1120014
Cambridge Dictionary. (2016). Cambridge Dictionary. Cambridge University Press.
Ulanat, M. & Jacob, K. P. (2017). Facilitating Brand Promotion Through Online Social Media: A Business Case Study. Hybrid Intelligence for Social Networks, pp. 207-225. Diakses dari: https://doi.org/10.1007/978-3-319-65139-2_9
Hansen, D. L., Shneiderman, B. & Smith, M.A. (2011). Analyzing Social Media Networks With NodeXL - Insights from a Connected World. Elsevier Inc. Diakses dari: https://doi.org/10.1016/C2009-0-64028-9
Litterio, A. M., Nantes, E. A., Larrosa, J. M. & Gómez, L. J. (2017). Marketing and Social Networks: A Criterion for Detecting Opinion Leaders. European Journal of Management and Business Economics, Vol. 26(3). Diakses dari: https://doi.org/10.1108/EJMBE-10-2017-020
Pew Research Center. (2018). Social Media Use in 2018. Pew Research Center.
Hu, Y., Manikonda, L. & Kambhampati, S. (2014). What We Instagram: a First Analysis of Instagram Photo Content and User Types. Proceedings of the 8th International Conference on Weblogs and Social Media, ICWSM 2014.
Miles, J.G. (2014). Instagram Power - Build Your Brand and Reach More Customers with the Power of Pictures. McGraw-Hill.
Miles, J. (2019). Instagram Power - Build Your Brand And Reach More Customer With Visual Influence (Second Edition). Mc Graw Hill Education.
Wirianti, F. & Rusfian, E. Z. (2017). Electronic Word of Mouth Communication Analysis on Visitation Decision Making Process Using Aisas Model on Instagram Users: Study on Visit Decision to Japan. Indo-IGCC Proceeding Universitas Indonesia, pp. 680—695.
Cat, N. (2020). Napoleon Cat - Social Media Analytics. Diakses dari: https://napoleoncat.com/
Aji, P. M., Nadhila, V. & Sanny, L. (2020). Effect of Social Media Marketing on Instagram Towards Purchase Intention: Evidence From Indonesia’s Ready-to-drink Tea Industry. International Journal of Data and Network Science, Vol. 4, pp. 91-104. Diakses dari: https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002
Kavoura, A. & Stavrianeas, A. (2015). The Importance of Social Media on Holiday Visitors’ Choices — The Case of Athens, Greece. EuroMed Journal of Business, Vol. 10(3), pp. 360-374. Diakses dari: https://doi.org/10.1108/EMJB-03-2015-0016
Cvijikj, I.P. & Michahelles, F. (2013). Online Engagement Factors on Facebook Brand Pages. Social Network Analysis and Mining, Vol. 3, pp. 843-861. Diakses dari: https://doi.org/10.1007/s13278-013-0098-8
Walter, E. & Gioglio, J. (2014). The Power of Visual Storytelling: How to Use Visuals, Videos, and Social Media to Market Your Brand. Inside Market Data.
Kinanti, S. P., & Putri, B.P.S. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi, Vol. 9(1), pp. 53-64. Diakses dari: https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.164
Nossel, M. (2018). Powered by Storytelling: Excavate, Craft, and Present Stories to Transform Business Communication (1st ed.). Mc Graw Hill Education.
Fryer, B. (2003). Storytelling That Moves People. Harvard Business Review.
Suharyanto, H. (2020). Seni Bercerita. History Maker - SociopreneurID.
Dahlström, A. (2020). Storytelling in Design : Defining, Designing, and Selling Multidevice Products (First Edition). O’Reilly Media.
Alfajri, M.F., Adhiazni, V. & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8(1), pp. 41-51. Diakses dari: https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42
Leaver, T. (2020). Instagram Visual Social Media Cultures. Digital Media and Society Series. Cambridge CB2.
Jupp, V. (2015). Quantitative Research. The SAGE Dictionary of Social Research Methods. Diakses dari: https://doi.org/10.4135/9780857020116.n166
Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 4(2), pp. 195-201. Diakses dari: https://doi.org/10.14710/interaksi.4.2.195-201
Belanche, D., Cenjor, I. & Pérez-Rueda, A. (2019). Instagram Stories Versus Facebook Wall: An Advertising Effectiveness Analysis. Spanish Journal of Marketing — ESIC, Vol. 23(1). Diakses dari: https://doi.org/10.1108/SJME-09-2018-0042