Penerapan Metode Prototyping Dalam Perancangan Interface Sistem Unggah Portofolio Penerimaan Mahasiswa Baru Diploma ISI Yogyakarta

  • Kathryn Widhiyanti Program Studi Animasi, Institut Seni Indonesia, DI Yogyakarta
  • Agnes Karina Prita Atmani Program Studi Animasi, Institut Seni Indonesia, DI Yogyakarta
Keywords: Antar Muka, Prototyping, Rapid Prototyping, Perancangan, Sistem Portofolio

Abstract

COVID 19 (Corona Virus Disease 2019) memberikan efek yang besar dalam bidang pendidikan, misalnya kegiatan belajar-mengajar mengalami perubahan dari pertemuan kelas menjadi sistem daring yang memanfaatkan teknologi dan internet. Siswa, mahasiswa, orang tua, dan pendidik harus beradaptasi dengan metode pembelajaran daring. Sebagai salah satu instansi pendidikan di bidang seni, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta juga merasakan efek dari pandemi COVID 19 ini. Selain kegiatan belajar mengajar, adaptasi yang  cepat juga dilakukan pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Diploma di jalur mandiri. Dalam kondisi COVID 19 ini, calon mahasiswa tentu juga akan terbatas untuk melaksanakan ujian secara langsung. Sistem Unggah Portofolio PMB Diploma dirancang untuk membantu calon mahasiswa supaya tetap dapat mendaftar ke ISI Yogyakarta dan tetap melanjutkan pendidikan untuk tingkat selanjutnya. Perancangan sistem unggah portofolio menggunakan metode prototyping dengan tujuan untuk mempercepat proses perancangan interface dan kinerja dari tim developer. Perancangan prototype menggunakan jenis Low Fidelity Prototype dan High Fidelity Prototype memberikan kemudahan komunikasi BAAKSI dan Tim Developer. Hasil usability testing yang diterapkan di akhir pengembangan memberikan hasil yang sangat baik yaitu antara 93% -100% untuk 5 kriteria yang diuji. Penerapan metode prototyping ini sangat sesuai diterapkan dalam proses perancangan sistem unggah portofolio yang hanya memiliki waktu developing singkat, namun dapat memberikan hasil rancangan interface yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol. 2(2), pp. 54–61, DOI: 10.37438/jimp.v2i2.67.

Susanto, A. & Meiryani. (2019). System Development Method with The Prototype Method. International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 8(7), pp. 141–144.

Pressman, R.S. & Maxim, B. (2015). Software Engineering A Practitioner’s Approach. New York: Mc Graw Hill Education.

Camburn, B., Viswanathan, V., Linsey, J., Anderson, D., Jensen, D., Crawford, R., Otto, K. & Wood, K. (2017). Design Prototyping Methods: State of the Art in Strategies, Techniques, and Guidelines. Design Science, Vol. 3(13), pp. 1–33, DOI: 10.1017/dsj.2017.10.

Sharp, H., Preece, J. & Rogers, Y. (2015). Interaction Design: Beyond Human Computer Interaction, 4th Edition. England: John-Wiley & Sons.

Santi, R.C.N. (2016). Perancangan Interaksi Pengguna (User Interaction Design) Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 9(2), pp. 108–113, DOI: 10.15408/jti.v9i2.5599.

Ammash, A.H., Sutjiadi, R. & Pattiasina, T.J. (2017). Analisa dan Perancangan Website Media Sosial Untuk Komunitas Tari Dengan Metode Prototyping. Teknika, Vol. 6(1), pp. 24–34, DOI: 10.34148/teknika.v6i1.61.

Aries, T.M., Ranius, Y.A. & Saputri, N.A. (2017). Usability Testing Untuk Mengukur Penggunaan Website STIK Bina Husada Palembang. Jurnal Teknik Informatika, pp. 1–12.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2021-06-28
How to Cite
Widhiyanti, K., & Atmani, A. K. P. (2021). Penerapan Metode Prototyping Dalam Perancangan Interface Sistem Unggah Portofolio Penerimaan Mahasiswa Baru Diploma ISI Yogyakarta. Teknika, 10(2), 88-95. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.308
Section
Articles