Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan, Kualitas Sistem, dan Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Minat Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) Dalam Penggunaan E-Filing

  • Abraham Agung Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ciputra, Surabaya, Jawa Timur
  • Rinabi Tanamal Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ciputra, Surabaya, Jawa Timur
Keywords: Kegunaan, Kemudahan, Kualitas, Kepuasan, E-filing, Wajib Pajak, Technology Acceptance Model (TAM)

Abstract

Pajak ialah komponen penting yang mempengaruhi penerimaan pendapatan pada suatu negara. Tingkat kepatuhan wajib pajak yang rendah bisa berakibat pada kecilnya pemasukan kas negara, jadi bisa mengganggu kinerja pemerintah, karena mayoritas pengeluaran negara anggarannya dari penerimaan pajak. Supaya penerimaan pajak bisa maksimal, Dirjen Pajak melaksanakan moderenisasi pada sistem perpajakan dengan diciptakannya e-filing. Realisasi Pelaporan SPT Tahunan di Kanwil DJB Jawa Timur I, per 31 Mei 2018 baru sekitar 287.228 jumlah wajib pajak dari 363.397 wajib pajak yang wajib melaporkan SPT, artinya kepatuhan wajib pajak masih sekitar 79,04%. Kemudian dari 287.228 SPT, yang dilaporkan melalui fasilitas e-filing sebanyak 240.349. Hal ini dapat diartikan bahwa masyarakat Surabaya sudah mulai mau menggunakan sistem e-filing, namun dalam penngunaannya masih belum maksimal. Berdsarkan latar belakang yang sudah dijabarkan, maka peneliti berkeinginan mengetahui apakah faktor persepsi kegunaan, kemudahan, persepsi kepuasan, kualitas sistem, pemahaman wajib pajak dapat berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) untuk memakai sistem e-filing. Dalam penelitian ini memakai data primer dengan teknik survei yang mempergunakan media angket. Populasinya yaitu para WPOP yang tercatat dan memakai e-filling di KKP wilayah Surabaya. Dalam mengambil sampelnya menggunakan accidental sampling. Sampel pada penelitian sejumlah 100 responden dan ditetapkan menggunakan rumus slovin. Analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Teori yang dipakai adalah teori TAM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, M.A. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Tingkat Kesiapan Teknologi Informasi Dan Kepuasan Pengguna Wajib Pajak Terhadap Intensitas Perilaku Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing. Jurnal Sains, Akuntansi dan Management (JSAM), Vol. 1(3), pp. 317-367.

Fayada, R. & Paper, D. (2015). The Technology Acceptance Model E-Commerce Extension: A Conceptual Framework. Procedia Economics and Finance, Vol. 26, pp. 1000 – 1006.

Andi & Sari, D.N. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Penggunaan E-Filing Pada KPP Pratama Serang. SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 10(1), pp. 41-65.

Junawan & Damanik, K.S. (2018). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, Vol. 9(1), pp. 68-79.

Rukmiyati, N.M.S. & Budiartha, I.K. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 5(1), pp. 115-142.

Haryanto, R. & Widyastuti, P. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Persepsi Manfaat Sebagai Variabel Intervening. Journal for Business and Entrepreneur, Vol. 2(2), pp. 1-15.

Pangesti, D.M. & Yushita, A.N. (2019). Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Persepsi Atas Efektivitas Sistem Perpajakan, Dan Pemahaman Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Terhadap Kemauan Membayar Pajak (Pada UMKM Sektor Perdagangan Di Kabupaten Klaten). Jurnal Nominal, Vol. 8(2), pp. 166-178.

Sarce, Malikah, A. & Junaidi (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Menggunakan Internet Banking Berbasis Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Empiris Terhadap Nasabah Bank BCA di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, Vol. 8(5), pp. 109 - 119.

Aminnudin, M., Ali & Subadriyah. (2019). Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak melalui Penerapan Sistem E-filling yang Dimoderasi oleh Pemahaman Internet . BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol. 7(1), pp. 93 - 112.

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 3(1).

Tanamal, R. (2017). Analisis Faktor yang Paling Berpengaruh Pada Keinginan Menggunakan Applikasi Grab di Kota Surabaya. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, Vol. 1(2), pp. 119 - 128.

Dewi, M.A.C. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Tingkat Kesiapan Teknologi Informasi Dan Kepuasan Pengguna Wajib Pajak Terhadap Intensitas Perilaku Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing. Jurnal Sains, Akuntansi dan Management (JSAM), Vol. 1(3), pp. 317-367.

Published
2021-07-09
How to Cite
Agung, A., & Tanamal, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan, Kualitas Sistem, dan Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Minat Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) Dalam Penggunaan E-Filing . Teknika, 10(2), 128-136. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.368
Section
Articles