Perancangan Media Interaktif Buku Ilustrasi Menggunakan Augmented Reality

  • Raham Sutan Iliyas Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, Malang, Jawa Timur
  • Eva Handriyantini Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, Malang, Jawa Timur
Keywords: Android, Augmented Reality, Buku Ilustrasi, Media Interaktif

Abstract

Media interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak dengan menggunakan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi, dan berkomunikasi dengan media yang ada. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan informasi yang berbentuk objek virtual. Teknologi Augmented Reality adalah teknologi yang diterapkan pada beberapa platform, salah satunya adalah platform Android. Sedangkan buku ilustrasi adalah buku yang menampilkan hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan. Tujuan aplikasi ini adalah menerapakan Augmented Reality pada buku illustrasi sehingga membentuk media interaktif untuk memberikan rasa menarik dan menyenangkan dalam belajar mengenai informasi baru pada buku illustrasi. Aplikasi ini juga memberikan fitur game sehingga pengguna dapat mengulas kembali materi yang telah diajarkan pada buku illustrasi. Aplikasi ini menggunakan platform Android dengan menggunakan software pengembang Unity dan Vuforia SDK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fleisman, M. (2004). Exploring Illustration. Thomson Delmae Learning.

Rumajar, R., Lumenta, A.S.M. & Sugiarso, B.A. (2015). Perancangan Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, Vol.4(6), pp. 1-9.

Dhiyatmika, I.D.G.W, Putra, I.K.G.D. & Mandenni, N.M.I.M. (2015). Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa TK. Lontar Komputer, Vol. 6(2), pp. 120-127.

Putra, F.F., Juni, N.S. & Rahmat, S. (2012). Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 1.

Sugianto, D.S., Oslan, Y. & Kristanto, H. (2013). Computer Aided Instruction Untuk Pembelajaran Pengenalan Bentuk Untuk Anak Prasekolah Berbasis Augmented Reality. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains, Vol. 6(1).

Djaouti, D., Alvarez, J., Jessel, J.P., Methel, G. & Molinier, P. (2008). A Gameplay Definition through Videogame Classification. International Journal of Computer Games Technology, Vol 2008.

Anindita, D.S., et.al. (2019). Modul Pendidikan Sebaya “Rencanakan Masa Depanmu”. Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN 2019.

Fujiati, F. (2016). Perancangan Pengembangan Game Ular Melawan Ulat Menggunakan Augmented Reality Eksplora Informatika, Vol.6(1).

Putra, R.W., Darlis, H., & Imam, K. (2016) Permainan Augmented Reality dalam Mendukung Pembelajaran Anak tentang Binatang pada Perangkat iOS. Jurnal Teknik ITS, Vol. 5(2).

Roedavan, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Penerbit Informatika.

Fernando, M. (2013). Membuat Aplikasi Android AR Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Solo.

Rizki, Y. (2012). Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android [Paper].

Published
2021-11-05
How to Cite
Iliyas, R. S., & Handriyantini, E. (2021). Perancangan Media Interaktif Buku Ilustrasi Menggunakan Augmented Reality. Teknika, 10(3), 206-213. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i3.389