Faktor-faktor Penting Dalam Penyampaian Pelatihan Atau Workshop Pemrograman Secara Daring

  • Laura Mahendratta Tjahjono Program Studi Informatika, Universitas Ciputra Surabaya, Surabaya, Jawa Timur
  • Adi Suryaputra Paramita Program Studi Sistem Informasi, Universitas Ciputra Surabaya, Surabaya, Jawa Timur
Keywords: Adopsi, Teknologi, Pelatihan, Online, Pemrograman

Abstract

Pelatihan dalam bentuk pembelajaran melalui daring kini semakin sering dilakukan, terutama di bidang pemrograman yang merupakan dasar utama di rumpun ilmu komputer. Salah satu hal yang mendorong pelaksanaan pembelajaran daring ini adalah situasi global yang mengharuskan pembatasan jarak akibat adanya pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi berupa penyebaran jaringan internet dan ketersediaan berbagai aplikasi yang menjadi penunjang pembelajaran daring ini. Hal ini juga dibantu dengan tersedianya berbagai aplikasi lain yang bisa membantu untuk pengajaran dalam bentuk presentasi maupun untuk penilaian ujian yang siap digunakan untuk pembelajaran daring. Kemajuan teknologi ini tentunya merupakan hal yang baik, namun ternyata masih banyak kendala yang dihadapi bagi para peserta pembelajaran daring untuk mengadopsi teknologi tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut dirumuskan sebuah rumusan masalah untuk penelitian ini yaitu bagaimana melakukan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan proses pelatihan pemrograman yang dilakukan secara daring? Dan Faktor-faktor apa yang berdampak pada pemahaman materi bagi peserta pelatihan? Proses identifikasi faktor-faktor yang dapat mendorong kesuksesan pelatihan berbasis online merupakan fokus dari penelitian ini. Langkah awal adalah dengan melakukan proses pengumpulan data menggunakan survei dan kuesioner yang sudah disusun berdasarkan pada metode Technology Acceptance Model (TAM), kemudian data dianalisis berdasarkan statistika deskriptif. Penelitian ini berhasil melakukan identifikasi bagaimana seharusnya pelatihan berbasis daring dilakukan dengan efektif berdasarkan faktor-faktor penting yang sudah teridentifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gallego, D., Bueno, S.M., Racero, F.J. & Noyes, J. (2015). Open Source Software: The Effects of Training on Acceptance. Computers in Human Behavior, Vol. 49, pp. 390-399.

Hamidi, H. & Chavoshi, A. (2018). Analysis of the Essential Factors for the Adoption of Mobile Learning in Higher Education: a Case Study of Students of the University of Technology. Telematics and Informatics, Vol. 35(4), pp. 1053–1070.

Arrosagaray, M., González-Peiteado, M., Pino-Juste, M. & Rodríguez-López, B. (2019). A Comparative Study of Spanish Adult Students’ Attitudes to ICT in Classroom, Blended and Distance Language Learning Modes. Computers & Education, Vol. 134, pp. 31–40.

Maican, C.I., Cazan, A.M., Lixandroiu, R.C. & Dovleac, L. (2019). A Study on Academic Staff Personality and Technology Acceptance: The Case of Communication and Collaboration Applications. Computers & Education, Vol. 128, pp. 113–131.

Lubis, R.K. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Di Pt Axa Mandiri Cabang Imam Bonjol Medan. SAINTEK, Vol. 1(2), pp. 32-39.

Acharya, B. & Lee, J. (2018). Users’ Perspective on the Adoption of E-learning in Developing Countries: The Case of Nepal with a Conjoint-based Discrete Choice Approach. Telematics and Informatics, Vol. 35(6), pp. 1733–1743.

Saade, R. G. & Kira, D. (2004). Effectiveness of an Interactive Application to Assist Learning: A Test Case. Journal of Information Systems Education, Vol. 15(4).

Farahat, T. (2012). Applying the Technology Acceptance Model to Online Learning in the Egyptian Universities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 64, pp. 95–104.

Chavoshi, A. & Hamidi, H. (2019). Social, Individual, Technological and Pedagogical Factors Influencing Mobile Learning Acceptance in Higher Education: a Case From Iran. Telematics and Informatics, Vol. 38, pp. 133–165.

Published
2021-11-05
How to Cite
Tjahjono, L. M., & Paramita, A. S. (2021). Faktor-faktor Penting Dalam Penyampaian Pelatihan Atau Workshop Pemrograman Secara Daring. Teknika, 10(3), 176-180. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i3.392