FUZZY SEBAGAI ALAT BANTU REKOMENDASI PERINGKAT PRODUK PADA KASUS PEMILIHAN PONSEL

  • Eddy Triswanto Setyoadi
Keywords: Ponsel, Fuzzy, Ranking List

Abstract

Pada saat ini keberadaan ponsel sebagai salah satu alat komunikasi adalah suatu benda yang tergolong primer bagi banyak orang. Hampir setiap orang yang kita jumpai pasti memiliki dan memanfaatkan alat komunikasi ini. Hal ini menyebabkan semakin tingginya permintaan pasar atas kebutuhan alat komunikasi ini. Dengan tingginya permintaan pasar atas kebutuhan alat komunikasi ini, maka muncul berbagai jenis dan merek ponsel beserta fitur-fitur yang berkembang mengikuti perkembangan Teknologi Informasi saat ini. Selain itu perlu dibangun sebuah aplikasi berbasis web yang menggunakan fuzzy sebagai alternatif membantu memberikan rekomendasi pilihan ponsel yang sesuai dengan keinginan calon pembeli. Pada implementasinya, agar memudahkan calon pembeli/pengguna sistem ini, penyampaian informasi tentang kriteria yang di inginkan menggunakan bahasa sehari-hari yang hasilnya disajikan berupa daftar peringkat atau ranking list.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Cox, Earl. 1995. Fuzzy Logic for Business and Industry. New York : Charles River Media, Inc.

Kusumadewi, Sri. 2004. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Setiawan, Kuswara. 2001. Paradigma Sistem Cerdas. Surabaya

http://tangra.si.umich.edu/~radev/650/notes; Modul Kuliah SI-650 Information Retrieval; University of Michigan, 2003.

http://www.wikipedia.com

Published
2012-07-01
How to Cite
Setyoadi, E. T. (2012). FUZZY SEBAGAI ALAT BANTU REKOMENDASI PERINGKAT PRODUK PADA KASUS PEMILIHAN PONSEL. Teknika, 1(1), 26-35. https://doi.org/10.34148/teknika.v1i1.4
Section
Articles