Aplikasi Augmented Reality Untuk Menyosialisasikan Dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI)
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v11i2.454Keywords:
SNI, Sosialisasi SNI, Augmented RealityAbstract
Kesadaran masyarakat terhadap produk yang ber-SNI masih sangat minim. Disisi lain, Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Masyarakat Standardisasi (MASTAN) sudah cukup gencar melakukan sosialisasi SNI kepada masyarakat. Namun pada hasil analisis, diketahui bahwa media sosialisasi yang digunakan masih terbatas sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman masyarakat terhadap produk ber-SNI. Maka dari itu, perlu dirancang suatu media yang dapat membantu dalam menyosialisasikan SNI secara menarik dan efektif. Untuk itu, dikembangkan aplikasi dari dokumen SNI yang menggunakan teknologi augmented reality. Output dari aplikasi augmented reality ini berupa 3D objek dari produk yang ber-SNI, parameter mutu dari tiap komponen, dan syarat uji untuk lulus uji SNI. Setelah dilakukan uji coba, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pemahaman masyarakat atas produk yang ber-SNI meningkat sebanyak 73,5% sehingga aplikasi yang dibuat dapat menjadi media alternatif untuk menyosialisasikan SNI.
Downloads
References
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
S. T. Suprapto and D. Budi Kharisma, “Problematika implementasi Standar Nasional Indonesia (SNI) Wajib Pada Mainan Anak di Kota Jakarta Timur,” Jurnal Privat Law, vol. 8, no. 2, p. 222, 2020.
A. T. Puspitasari, “Perlindungan Konsumen Tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) Alat Listrik Di Kota Surakarta,” thesis, Universitas Negeri Semarang Repository, 2018.
N. Zuhra and Yanis Rinaldi, “Pengawasan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Dan Perdagangan Terhadap Peredaran Mainan Anak Yang Tidak Mempunyai Standar Nasional Indonesia Di Kota Banda Aceh,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Kenegaraan, vol. 2, no. 3, pp. 546—560, 2018.
B. Haryotejo , “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produsen Mie Instan Dalam Penerapan Standar Nasional Indonesia ,” Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, vol. 7, no. 1, pp. 111—127, 2013.
P. P. Hasanah and S. Susmiarti, “Pengaruh Media Visual Powerpoint terhadap hasil Belajar Seni Budaya (tari) Di Kelas VIII-2 SMP negeri 12lubuklinggau provinsi sumatera selatan,” Jurnal Sendratasik, vol. 10, no. 1, p. 364, 2020.
R. Utami and A. Ichsan, “Prototipe Sistem Pemetaan SNI, Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) Dan Sertifikat SNI,” Prosiding PPIS 2019, pp. 235—240, 2019.
R. D. Nazhar and Y. S. Rosid, “Penyajian Ruang Pameran sejarah berteknologi augmented reality pada museum gedung sate bandung,” Waca Cipta Ruang, vol. 6, no. 1, pp. 13—18, 2020.
K. T. Martono, “Augmented Reality sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer,” Jurnal Sistem Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 60—64, Oct. 2011.
D. Misbahudin, C. Rochman, D. Nasrudin, and I. Solihati, “Penggunaan Power Point Sebagai media Pembelajaran: Efektifkah?,” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 1, p. 43, 2018.