Pengaruh Motivasi Dalam Bekerja dan Technology Acceptance Model Sebagai Mediasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Komparasi Pada Mitra Go-Jek dan Grab di Surabaya)

  • Ony Kurniawati Program Studi Manajemen, Universitas W.R. Supratman, Surabaya, Jawa Timur
  • Handy Aribowo Program Studi Manajemen, STIE IBMT, Surabaya, Jawa Timur
  • Alexander Wirapraja Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia, Surabaya, Jawa Timur
Keywords: SEM, Motivasi Kerja, TAM, Kepuasan Karyawan

Abstract

Pada era digital saat ini masyarakat sangat terbantu dengan kehadiran transportasi online berbasis aplikasi. Pemanfaatan aplikasi transportasi online membuat masyarakat dapat mengakses kemudahan dalam kegiatan sehari-hari dengan lebih praktis dan murah. Namun kita harus menyadari bahwa pemenuhan kebutuhan itu tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya peran dari para mitra dalam hal ini adalah driver transportasi online. Menyadari pentingnya peran para mitra maka pada penelitian ini mengambil topik penelitian untuk mengukur motivasi dan kepuasan kerja dengan dimediasi oleh model penerimaan teknologi (TAM) yang dalam hal ini adalah aplikasi manajemen mitra yang mereka gunakan sehari-hari. Metode pengolahan data menggunakan analisis Structural Equation Modelling, dengan data primer yang didapatkan melalui pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling terhadap 115 responden merupakan mitra Gojek dan 115 responden mitra Grab dengan cronbach alpha 95%, pengambilan sampel penelitian ini dilakukan khusus bagi mitra Gojek dan Grab yang berdomisili di Surabaya. Hasil yang diperoleh adalah variabel motivasi tidak berpengaruh terhadap variabel kepuasan kerja pada mitra Gojek namun berpengaruh pada mitra Grab dan model penerimaan teknologi berperan sebagai mediasi dalam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap mitra Gojek dan mitra Grab dalam membentuk hubungan antara motivasi dan kepuasan kerja mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. I. Sina, “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformational Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening,” 2013.

Mix, “Ini Preferensi Konsumen Indonesia terhadap Transportasi Online,” Mix.co.id, 2019. https://mix.co.id/marcomm/news-trend/ini-preferensi-konsumen-indonesia-terhadap-transportasi-online/ (accessed Feb. 20, 2022).

R. A. Ananda, A. E. B. Waspada, and R. D. W. Utomo, “Fenomena Desain User Interface Gojek Menurut Persepsi Pengguna Generasi X,” J. Seni dan Reka Ranc. J. Ilm. Magister Desain, vol. 2, no. 2, p. 141, 2020, doi: 10.25105/jsrr.v2i2.8225.

Mix, “Ride Hailing Services in Indonesia,” Mix.co.id, 2019. .

S. Sugiono, “Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komun., vol. 22, no. 2, pp. 175—191, 2020, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191.

R. N. Syafriana, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Disiplin Kerja (Studi pada Pegawai Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY),” Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

J. Dayani and C. D. Kadang, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Citra Harapan Anugrah,” J. Manajerial Dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 4, p. 969, 2020, doi: 10.24912/jmk.v2i4.9879.

L. Lusri and H. Siagian, “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Pt . Borwita Citra Prima Surabaya,” Agora, vol. 5, no. 1, pp. 2—8, 2017.

A. Wijaya, Mashalinda, and Rinaldi, “Determinan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Karyawan Pt Bank Central Asia Cabang Utama Pasar Baru Jakarta,” IKRAITH-EKONOMIKA, vol. 5, no. 74, pp. 228—239, 2022.

T. M. Deandra and S. Andri, “Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karytawan (Studi Kasus Karyawan Non-Medis Rumah Sakit Prima Pekanbaru),” JOM FISIP, vol. 7, no. 1, pp. 1—14, 2020.

S. Utami, “Penerapan Metode Techology Acceptance Model Pada Penilaian Kinerja Karyawan,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 2, pp. 128—133, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i2.6702.

F. Sayekti and P. Putarta, “Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah,” J. Manaj. Teor. dan Ter. J. Theory Appl. Manag., vol. 9, no. 3, pp. 196—209, 2016, doi: 10.20473/jmtt.v9i3.3075.

A. R. Nugroho, “Pengaruh Design Logo Baru BUMD Yang Berbasiskan Kearifan Lokal Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kuantitatif Mengenai Perubahan Logo Baru pada PDAM Kota Bandung),” J. Ilm. Komun. Makna, vol. 5, no. 1, p. 1, 2015, doi: 10.30659/jikm.5.1.1-15.

A. I. Permana, “Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak,” J. Ekon. Bisnis, vol. 25, no. 2, pp. 94—109, 2020, doi: 10.33592/jeb.v25i2.422.

Sugiyono, “Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.,” Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alf., 2018.

Z. Zuhdi, B. Suharjo, and H. Sumarno, “Perbandingan Pendugaan Parameter Koefisien Struktural Model Melalui Sem Dan Pls-Sem,” J. Math. Its Appl., vol. 15, no. 2, p. 11, 2016, doi: 10.29244/jmap.15.2.11-22.

W. Chandra and A. Wirapraja, “The Effect of Application Usability , Service Quality , and E- Satisfaction on Purchase Intention of GoFood Customers,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 38—49, 2020.

A. T. Raharjo and A. Prasetyo, “Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Sopp Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dengan Pendekatan Tam,” J. Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 5, no. 2, pp. 129—138, 2016.

B. N. Kristi, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pengguna Dan Niat Untuk Merekomendasikan Aplikasi Ovo,” Universitas Sanata Darma, 2020.

F. Z. Laisa and V. Monoarfa, “Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Primarindo Kencana (Hotel Maqna By Prasanty Gorontalo),” J. Ilm. Manaj. Dan Bisnis Jambura, vol. 1, no. 2, pp. 180—190, 2018.

M. H. Subowo, “Pengaruh Prinsip Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Aplikasi Ojek Online Xyz,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, p. 79, 2020, doi: 10.21580/wjit.2020.2.2.6939.

Published
2022-03-18
How to Cite
Kurniawati, O., Aribowo, H., & Wirapraja, A. (2022). Pengaruh Motivasi Dalam Bekerja dan Technology Acceptance Model Sebagai Mediasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Komparasi Pada Mitra Go-Jek dan Grab di Surabaya). Teknika, 11(1), 69-76. https://doi.org/10.34148/teknika.v11i1.459
Section
Articles