Perancangan Augmented Reality Bidang Otomotif Untuk Siswa SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor
Abstract
Minimnya alat peraga bagi beberapa sekolah vokasi menjadi kendala tersendiri dalam proses kegiatan pembelajaran. Kebutuhan akan alat peraga dalam bidang otomotif sangat diperlukan namun masih banyak kendala terkait dengan kepemilikan alat peraga karena mahalnya pengadaan alat tersebut. Untuk membantu penggunaan alat peraga dengan media penunjang lainnya dalam penelitian ini adalah menerapkan teknologi baru yang dapat membantu kegiatan pembelajaran agar lebih meningkatkan pemahaman peserta didik pada proses belajar pengenalan sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media baru dengan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) pada aplikasi pengenalan perangkat sepeda motor sebagai penunjang pembelajaran. Objek dibuat 3 dimensi yang menyerupai kondisi nyata disajikan secara visual dan interaktif. Penelitian ini melalui rangkaian tahapan dimulai dari merancang aplikasi yang berdasarkan pembagian konteks dalam alat peraga AR yang terbagi menjadi tema bodi sepeda motor, kerangka sepeda motor, rangkaian kelistrikkan sepeda motor serta tema mesin sepeda motor. Kemudian mengimplementasikan aplikasi pengenalan perangkat sepeda motor menggunakan teknologi Augmented Reality sampai pada tahap pengujian aplikasi. Dapat disimpulkan bahwa pada tahapan pengujian jarak dan sudut bahwa aplikasi ini akan berjalan dengan baik ketika kamera augmented reality berjarak 25 cm dari marker dan pada sudut antara 90 derajat sampai sudut minimal 30 derajat. Berdasarkan uji kuesioner aplikasi ini dapat menunjang pembelajaran pada siswa SMK jurusan Teknik Sepeda Motor sesuai dengan yang diharapkan.
Downloads
References
A. Fatah and S. Sudiyanto, "Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis IT Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa SMK Bidang Otomotif Di Sleman Dan Yogyakarta," Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif , vol. 1, no. 1, pp. 54-65, 2018. DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21783.
Y. Nugroho, "Rancang Bangun Aplikasi Pemasaran Elektronik Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Waterfall," Jurnal Bina Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 66-73, 2020. DOI: https://doi.org/10.33557/binakomputer.v2i1.761.
G. G. Maulana, "Penerapan Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D dan Vuforia," Jurnal Teknik Mesin (JTM), vol. 6, no. 2, pp. 74-78, 2017. DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v6i2.1184.
I. Mustaqim and N. Kurniawan, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality," Jurnal Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 36-48, 2017. DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267.
H. Hermawan, R. Waluyo and M. Ichsan, "Pengembangan Media Pembelajaran Mesin Menggunakan Teknologi Augmented Reality," Journal of Innovation Information Technology and Application (JINITA), vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2019. DOI: https://doi.org/10.35970/jinita.v1i01.88.
A. Harahap, A. Sucipto and J. Jupriyadi, "Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android," Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI), vol. 1, no. 1, pp. 20-25, 2020. DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266.
P. R. Aryani, I. Akhlis and B. Subali, "Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA," UPEJ Unnes Physics Education Journal, vol. 8, no. 2, pp. 90-101, 2019. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33309.
R. Saputra, S. Subari and S. Yahya, "Penerapan Teknologi Virtual Reality Pada Property Perumahan," Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) , vol. 5, no. 1, pp. 307-315, 2021. http://www.seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/304.
I. M. R. Pratama and S. Subari, "Pengenalan Wayang Kulit Menggunakan Teknologi Virtual Reality Berbasis Mobile," Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) , vol. 5, no. 1, pp. 129 - 135, 2021. http://www.seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/271.
Y. Cahyaningsih, "Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android," Journal of Computer Science an Engineering (JCSE), vol. 1, no. 2, pp. 91-116, 2020. DOI: https://doi.org/10.36596/jcse.v1i2.60.
Tim Yamaha, "Yamaha R15 VVA 155 overview," Yamaha Motor Indonesia Official Website, [Online]. Available: https://www.yamaha-motor.co.id/product/r15/. [Accessed 15 12 2021].
Copyright (c) 2022 Teknika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.