Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak

  • Darmawan Setiya Budi Magister Teknik Informatika, STIMIK Amikom
  • Taghfirul Azhima Yoga Siswa Magister Teknik Informatika, STIMIK Amikom
  • Heri Abijono Magister Teknik Informatika, STIMIK Amikom
Keywords: metodologi pengembangan rekayasa perangkat lunak, Linear Sequential Model, Waterfall, Parallel Model, Iterative Model, Prototyping Model, RAD (Rapid Application Development) Model, Spiral Model, V-Shaped Model, Agile Development

Abstract

Metodologi merupakan kerangka pijakan utama dalam perancangan dan pengembangan perangkat lunak profesional untuk menghasilkan sebuah sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis sebuah organisasi. Keberhasilan pengembangan perangkat lunak bergantung pada pengelolaan proyek perangkat lunak secara keseluruhan. Tidak ada metodologi yang benar-benar sesuai dengan semua jenis organsasi, sehingga dibutuhkan pendekatan lebih lanjut untuk memilih metodologi mana yang paling sesuai untuk dapat diterapkan pada organisasi tertentu. Paper ini menjelaskan dan menganalisa metodologi pengembangan perangkat lunak yang meliputi: Linear Sequential Model atau Waterfall, Parallel Model, Iterative Model, Prototyping Model, RAD (Rapid Application Development) Model, Spiral Model, VShaped Model dan Agile Development untuk membuat perbandingan yang menunjukan kelebihan dan kelemahan masing-masing. Hasil paper ini menunjukan pertimbangan pemilihan metodologi yang didasarkan pada faktor-faktor kriteria penilaian yang terdiri dari kejelasan persyaratan pengguna, keakraban dengan teknologi, kompleksitas sistem, sistem keandalan, jadwal waktu singkat dan visibility jadwal hingga mereferensi beberapa pendapat dari jurnal ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Susanto, A. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Bandung : Lingga Jaya.

[2] Pressman, R. S. (2005). Software Engineering: a Practitioner’s Approach. Seventh Edition.

[3] Despa, M. L. (2014). Comparative Study on Software Development Methodologies. Database Systems
Journal vol. V, no. 3.

[4] Ian, S. (2004). Software Engineering 7th Edition, Addison Wesley.

[5] Dennis. A, Wixom. B, and Roth. R. (2006). System Analysis and Design. John Wiley and Sons, Inc pp. 171-209.

[6] Larman. C, Basili. V. R, (2003). Iterative and Incremental Development: A Brief History. Computer, vol. 36, no. 6, pg. 47-56, doi:10.1109/MC.2003.1204375.

[7] Munassar, N. M. A. and Govardhan, A. (2010). Comparison Between Five Models Of Software Engineering. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 7, Issue 5, September.

[8] Ajah, I. A. and Ugah, J. O. (2013). Comparative Analysis of Software Development Methodologies. Volume 3, Issue 6, June. www.ijarcsse.com.

[9] Taya, S. and Gupta, S. (2011). A Comparison Between Five Models Of Software Engineering. IJCST Vol. 2, Issue 4, Oct.–Dec.
Published
2016-03-09
How to Cite
Budi, D. S., Siswa, T. A. Y., & Abijono, H. (2016). Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak. Teknika, 5(1), 24-31. https://doi.org/10.34148/teknika.v5i1.48
Section
Articles